Asosiasi ICT Timor Leste

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Asosiasi ICT-Timor Leste adalah organisasi perkumpulan para profesional dan pelajar yang belajar di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Timor-Leste yang berkomitmen untuk mengembangkan kapasitas Teknik dan profesionalisme di bidang TIK, Membantu dengan mengunakan aplikasi TIK untuk menjawab masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan Pemerintah RDTL.

Misi Asosiasi ICT Timor Leste

Berpatisipasi aktif dalam mengembangkan indutri ICT di Timor Leste, sebagai sektor yang penting dalam menciptakan lapangan kerja dan sebagai sektor yang bisa memberikan kontribusi untuk peningkatan devisa negara RDTL.

Kegiatan yang telah dilakukan oleh Asosiasi ICT Timor Leste

November 2007-Melakukan Kongres I Asosiasi ICT Timor Leste dengan di hadiri oleh 60 peserta dari kalangan professional dan pelajar. Dengan memilih Saudara Abel Pires sebagai koordinator umum dan wakil koordinador saudara Lemi Soares.

Februari 2008 - Melakukan Training of Trainer (TOT) selama 3 hari dengan menghadirkan spesial speaker Dr Onno Purbo. kegiatan yang dilakukan Membuat Antena Wireless Internet dari Wajan dan Kaleng bekas, Telephon gratis tanpa sim card (Voip) dan Free Open Source SoftwareLINUX” (Server).

Februari 2009 - ICT-TL Mengadakan Konferensi Voip & Mesh Wireless dengan menghadirkan pembicara Dr. David Rowe dari Australia.

July 2009 - 3 Peserta Member ICT-TL berpartisipasi dalam Konferensi ICT di Workshop Nasional "Transformation Timor Leste sebagai Key Speaker

  • Abel Pires - Terjangkaunya akses ICT oleh Masyarakat
  • Sara Moreira - E-learning mengunakan FOSS CMS (Moodle)
  • Lemi Soares - Perkembangan ICT di level Grass Root

Juni 2009 - ICT-TL Mengadakan Workshop FOSS (Free Open Source Software) bersama dengan MENRISTEK RI dan DNICT RDTL dengan mengundang pakar telematika Onno W Purbo.

Juli 2009 - ICT-TL, UNAPCICT dan DNICT (Direktorat Jeneral Informasi Komunikasi dan Teknologi RDTL) mengadakan Workshop Nasional ICT dengan Topik "Academy of ICT Essencial for Government Leaders I" Modul 1 dan 2

Agustos 2009 - Bekerjasama dengan DNICT Mengadakan ICT CAMP di Liquisa

November 2009 - Member ICT-TL empat orang: Raymundo Soares dari MAF, Ruben Gagita dari MOJ, Alipio Simoes dari Info Timor dan Lemi Soares dari FONGTIL mengikuti ASIA SOURCE 3 di Silang- Cavite Filipina Workshop FOSS selama 9 hari.

Maret 2010 - Koordinator ICT-TL Abel Pires diundang untuk mengikuti diskusi terbuka mengenai "Kinerja Timor-Telekom di Kampus Fakultas Economi- UNTL, Dili. yang dilakukan di Kampus UNTL.

April 2010 - ICT-TL, UNAPCICT dan DNICT (Direktorat Jeneral Informasi Komunikasi dan Teknologi RDTL) mengadakan Workshop Nasional ICT dengan Topik " Academy of ICT Essencial for Government Leaders II" Modul 3 dan 4.

April 2010 - ICT-TL Mengadakan Training lanjutan Voip dan Wireless dengan mendatangkan pakar Voip Dr. David Rowe dari komunitas open source Australia.

Juni 2010 - ICT-TL Melakukan workshop FOSS kepada 60 pelajar female dari Sekolah Teknik Kejuruan di Dom Bosco Comoro-Dili.

July 2010 - Mengadakan Workshop FOSS untuk Staff Radio RTTL

July 2010 - Bekerjasama dengan Centru Cretividade Baucau Melakukan Seminar sehari tentang Perkembangan ICT di Timor Leste di Baucau.

Agustus 2010 - ICT-TL dengan FONGTIL melakukan kick of [Dili Villagetelco Project]di tiga 3 distrik antara lain Dili, Baucau dan Ermera.

Agusto 2010 - ICT-TL Bekerjasama dengan NGO CATALPA Internasional mengadakan training ubuntu server untuk anggota ICT-TL di Dili

September 2010 - Mengadakan Workshop FOSS di DIT (Dili Institu Technology) paper yang dibawakan anatara lain: Raymundo Silva tentang "Internet dengan mengunakan Satelit VSAT" Lemi Soares "Voip mengunakan Wireless Mesh"

September 2010 - NGO Catalpa Internasional, Monash University , ICT-TL dan FONGTIL melakukan Diskusi Terbuka dengan Dr. Jacques Styln dari South Africa tentang pentingnya Peranan ICT dalam pembangunan di Timor-Leste.

Oktober 2010 - Dua Member ICT-TL, Lemi Soares dan Alipio Simoes Mengikuti workshop Village Telco III di South Africa selama 1 bulan. Kegiatan yang dilakukan adalah: Mengikuti Training Villagetelco Server, Mengadakan Instalasi 20 Unit Mesh Potato di Bookap -Cape Town, 40 Unit Mesh Potato di Orange Farm Johannesburg, Mengadakan Konferensia Mesh Potato kepada para mahasiswa Computer Science di Universitas Stallenbosch dan University Western Cape.

Januari 2011 - Member ICT-TL, Lemi Soares Mengikuti LCA 2011 Linux Conference di Australia di QUT (Queensland University of Technology) Selama satu minggu dan membawakan Topik dalam konferensi ini tentang Pengalaman Implementasi Villageteco Project di negara berkembang.

Januari 2011 - Mengadakan Konferesi di IPDC (Intitute Professional de Canossa) Sekolah Kejuaran Informatika Canossa Dili. Topiknya tentang Aplikasi FOSS. denga para pembicara sebagai berikut.

  • Ray Soares "Joomla dan Wordpress CMS"
  • Raymundo silva "Trixbox"
  • Jose "Apache server"
  • Lemi Soares "Wireless Networking"

12 Maret 2011 - Mengadakan Sosialisasi Linux di Sekolah Kejuruan Informatika di Becora Dili, peserta berjumlah 63 siswa dari sekolah Informatika Becora, Sekolah Tinggi Informatika Canossa, SMA Cristal dan Universitas Nasional Timor-Leste (UNTL) yang mewakili ICT-TL adalah Lemi, Ray Silva dan Alipio Simoes. Secara bersamaan juga diadakan peresmian berdirinya Club Hadomi Linux (Club Cinta Linux).

19 Maret 2011 - Mengadakan Sosialisasi FOSS di STM Becora, dengan Topik "Mengunakan Alternatif Telekomunikasi dengan Biaya Murah" Topik dibawakan oleh Ray silva dari TLMDC. Peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 50 lebih pelajar STM Bocora dari kelas 1 sampai dengan kelas 3.

26 Maret 2011 - ICT-TL Mengadakan Sosialisasi FOSS di Kampus DIT (Dili Institut Teknologi) untuk yang kedua kalinya. Topik yang dibawahkan oleh Lemi Soares dan Raymundo Silva: Seputar pentingnya FOSS, Demo Instalasi Ununtu 10.04, Demo Villagetelco, Demo Instalasi Trixbox. Peserta yang mengikuti konferensi ini berjumlah kurang lebih 200 lebih pelajar baik dari DIT, IOB, IPDC dan STM.

Rencana ke depan

Rencana akan melakukan Sosialisasi FOSS di semua perguruan Tinggi dan sekolah sekolah di Dili. Bagi Universitas atau Sekolah-sekolah yang berminat untuk mengadakan pelatihan sehari anda dapat menghubungi ICT-TL. Semua pelatihan yang kami lakukan merupakan hasil pengalaman dalam bekerja dibidang IT selama 10 tahun dan kami sumbangkan pengetahuan skill individu melalui organisasi ICT-TL untuk membagi dengan semua orang yang ingin memajukan Timor-Leste melalui ICT. MOTTO Kami DON'T CHANGE THE WAY OF LIFE ICT SHOULD SUPPORT WAY OF LIFE Viva ICT-TL

Kontak

Kami tidak memiliki kantor yang tetap. Kantor kami adalah

Mailing List: ict_tl@googlegroups.com
Facebook: ICT-TL

atau dapat menghubungi kami lewat individu-individu dibawah ini:

Lemi Soares. 
Hp/sms: +670 7560005
Email: ict4ngotimor@gmail.com
Blog: http://itngotimor.blogspot.com
Ray Silva
Hp/sms: +670 7289010
Email: sokolear@gmail.com
Web: http://tlmdc.org

Referensi

Pranala Menarik