Langkah Singkat Untuk Aktif Menulis di Wiki

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

1. Membuat account di Wiki.


2. Login ke Wiki dengan username & password yang baru dibuat. Perlu di catat disini bahwa Wiki tidak akan mengijinkan anda untuk mengedit sesuatu jika tidak login ke Wiki. Ini dilakukan sebagai proteksi terhadap spammer.


3. Masukan judul / kalimat / keyword dari kata yang ingin anda terangkan pada kolom navigasi > search disebelah kiri halaman.

  • Jika judul tersebut belum ada, biasanya anda akan di berikan pilihan untuk menuliskan artikel tentang judul / keyword tersebut.
  • Sebelum anda menulis artikel pada halaman baru, pastikan bahwa artikel anda benar-benar tidak memiliki makna atau arti ganda/duplikat (baca : ambiguous) - sebagai contoh :

istilah "POST" dapat mengacu kepada sebuah istilah pada perangkat keras, juga dapat mengacu kepada istilah pada permintaan halaman sebuah website.

untuk menghindari makna ganda tersebut - bila anda kurang yakin dengan makna tunggal sebuah istilah, anda dapat membuat sebuah halaman baru berjudul "POST" dengan isi (baca : konten) seperti berikut :

"POST" bermakna ganda,

  • "POST" pada perangkat keras (berikut cantumkan link pada halaman baru berjudul "POST pada Hardware")
  • "POST" pada permintaan HTTP (berikut cantumkan link pada halaman baru berjudul "POST pada HTTP")

ada baiknya sebelum membuat halaman baru - anda pastikan keberadaannya - juga dengan metode search pada kolom navigasi, sehingga juga tidak akan terjadi duplikasi dokumen.


4. Klik simpan / save, jika tulisan anda anggap cukup.

  • Ada baiknya bila anda menulis artikel anda pada selembar kertas terlebih dahulu sebelum anda menyimpannya pada SpeedyWiki ini sehingga proses revisi dapat lebih ringkas.


Pranala Menarik