2007-12-30 JD1BMH, Ogasawara

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
To: <orari-news@yahoogroups.com>
Date: Sun, 30 Dec 2007 18:13:25 +0700
From: "Jo,YC0LOW" <yc0low@...>
Subject: JD1BMH, Ogasawara

D1BMH, Ogasawara

Walau bergeser 1000 km ke selatan Tokyo, tidak menjadikan Kepulauan Ogasawara (juga dikenal sebagai Kepulauan Bonin) menjadi lebih mudah 'ditembak' dari Cinere. Entitas Ogasawara dan/atau Minami Torishima masuk dalam peringkat 'most wanted', apalagi pada topband (160m). Konon di salah satu lokasi di kepulauan ini, George Bush senior, bokapnya Presiden AS yang sekarang, pesawat terbangnya pernah ditembak jatuh oleh Jepang dan dia diselamatkan oleh US Marine, saat PD II.

Sebab lainnya adalah, tidak adanya stasiun radio amatir yang permanen di kawasan Ogasawara. Aktivasi DX temporer dari kawasan ini selalu dilakukan oleh operator -umumnya dari Jepang- yang mendarat di sana. Seperti yang dilakukan Harry, JG7PSJ, sejak dua hari lalu. Pemunculannya pada 1816.5 KHz, segera diikuti oleh ramainya DX spots yang berasal dari Jepang dan Amerika Serikat.

Kita yang ada di Indonesia ikut-ikutan mendengarkannya sejak waktu Sun Set tiba. Sayup-sayup terdengar sinyalnya lemah dan QSB. Sebelum keberangkatannya, saya lupa menanyakan apakah Harry akan bekerja QRO. Namun, kalau sinyalnya terdengar di AS, pastilah dia bekerja dengan linear amplifier. Analisis ini penting bagi saya untuk memprospek keberhasilan saya ber-QSO dengannya.

Setelah nyaris dua jam, alam membantu. Ketukan JD1BMH naik ke puncaknya sehingga lebih jelas terdengar pada antena EWE utara ketimbang pada antena TX saya. Saya tidak mau kehilangan kesempatan karena QSB yang ganas mengganggu bak teroris. Setelah dia kirim "QRZ?", maka saya balas "JD1MBH UR RST 449 449 DE YC0LOW YC0LOW YC0LOW BK". Harry mengirim RST 559 untuk saya. Saya konfirmasi dan cepat-cepat tutup QSO yang penting ini dengan mengirim: "CFM 559 559 DE YC0LOW 73 TU" (1213Z). Durasi QSO DX sekitar lima belas detik yang indah.

Malam itu juga saya siapkan sebuah kartu QSL dan dua greenstamps untuknya. Selamat Tahun Baru dan terima kasih untuk negara DXCC yang ke-105 pada topband, Harry!

Tak lupa, Selamat Tahun Baru 2008 untuk anggota maillist Orari-News. Gud DX. Tnx es 73 de Jo, YC0LOW