Armbian: Cara Install Armbian - Romy Fadly

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Subject: Cara Install Armbian di Setopbox From: "Romy Fadly" <tnromy@nocturlab.com> Date: Sun, May 10, 2020 10:20 To: onno@indo.net.id Priority: Normal Create Filter: Automatically | From | To | Subject Options: View Full Header | View Printable Version | Download this as a file | View Message details | View as HTML

Selamat Pagi Pak Onno,

Saya Romy dari Bukittinggi, Saat ini berdomisili di Tangsel.

Saya lihat video Bpk yang membahas tentang Armbian.

Saya kebetulan sudah lama menggunakannya pada setopbox dan ingin ikut berkontribusi mencerdaskan rakyat Indonesia melalui Bpk.

Jadi Saya ingin berbagi cara Saya bisa menggunakan Armbian. Semoga Pak Onno bersedia membagikan ilmu ini kepada teman-teman seluruh Indonesia agar bisa membuat server dengan biaya rendah.

Berikut informasinya:

  1. Setopbox yang digunakan bisa apa saja selama menggunakan SOC Amlogix seri 9xxx. seperti Amlogic s905, s905w, s912, s905x2 dll. contoh brand nya adalah "Hiplay tx3". Tidak ada perbedaan antar brand apapun selama SOC-nya Amlogic. Perbedaan mungkin di sisi sekunder seperti jumlah port USB, sudah USB 3.0 atau masih USB 2.0, port gigabit ethernet atau hanya fastethernet dll. Tapi dari sisi peforma sama saja.
  1. Armbian bisa didownload dengan menggunakan kata kunci pencarian di Google "armbian for amlogic". tempat downloadnya biasanya adalah forum. Hasil pencarian teratas Google biasanya berfungsi. Saya lupa save link

downloadnya Saat Download biasanya banyak tersedia pilihan seperti berbasis debian, berbasis ubutu server bahkan ada yang desktop juga. yang desktop ini ekspektasinya keren banget harusnya Pak. karena raspberry pi killer banget. Tapi sayan, sangat jarang ada yang berhasil menggunakannya. Kalau kebutuhannya server sebaiknyapilih yang berbasis ubuntu server. Jika dibutuhkan saya bisa upload image yang saya punya ke google drive. Tapi berhubung google drive ada limit jumlah downloadnya, teman-teman bisa kirim email saja ke saya, biar saya yg share link beda2 tiap orang. agar tidak ada limit downlaod. Image ini sama persis dengan yang ada pada forum tersebut sehingga jika masih bisa download dari forum sebaiknya download dari forum saja.

Image Armbian ini ada yang berbasis debian, ada juga yang berbasis ubuntu server. Semua paket yang ada di rempository ubuntu bisa digunakan pada image yang didasarkan pada ubuntu server.

  1. Terkadang wifi pada setopbox bermasalah pada rilis image debian. Bisa diatasi dengan beberapa solusi di redit. Saya lupa save link nya karena saya tidak pakai solusi tersebut. Saya pakai solusi gunakan image berbasis ubuntu server.
  1. cara instalasi mirip dengan instalasi raspbian pada kartu micro SD raspberry pi. via ubuntu bisa pakai "dd" seperti biasa saja restore hardisk. kartu micro SD yang sudah berisi Armbian bisa langsung dipasang

pada setopbox. Sebagian setopbox langsung boot dari kartu SD sebagian lagi tidak. cara agar setopbox bisa boot dari micro SD adalah dengan boot dulu ke android, lalu pergi ke setting > update dan pilih update.zip yang ada pada kartu memory. biasanya detail tentang ini ada di forum tempat downloadnya. intinya setelah file update tersebut dijalankan pada android maka setelah itu akan bisa boot otomatis dari kartu micro SD. jadi, tinggal restart aja maka akan boot ke Armbian.

  1. Armbian pada micro SD bisa dipindahkan ke memory internal setopbox dengan menjalankan script "install.sh" saat telah masuk ke armbian. script tersebut akan melakukan "dd" secara otomatis ke memory internal dengan membuat partisi baru tanpa menghapus partisi android. tapi sebaiknya tetap backup terlebih dahulu android nya dengan "dd" juga. Kalau sudah terinstall ke memory internal, setop box bisa dimatikan dan kartu micro SD dicabut. maka setip box akan boot dengan memory internal. Tapi jika masih tahap pengujian dan sering instalasi sebaiknya boot dari kartu micro SD saja seperti raspberry pi tanpa install ke memory internal.
  1. saya pernah install beberapa server pada armbian ini dan semuanya stabil. di antaranya adalah asterisk, squid, VPN, nginx, mysql, postgresql, mosquitto dll.

Sekian sharing informasi dari Saya. Semoga bermanfaat untuk rakyat indonesia. Dengan informasi ini diharapkan dapat menghemat waktu teman-teman untuk riset lagi dari awal.

Jika dibutuhkan Saya akan coba buatkan video di channel youtube saya "Tn. Romy". Atau jika ada pertanyaan bisa mengnhubungi ke email saya di "tnromy@nocturlab.com".

Terima kasih Pak Onno. Salam Hormat.