Dimana untuk memulai

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Buku ini dibuat oleh tim yang masing-masing individu, dalam bidangnya masing-masing, berpartisipasi secara aktif dalam memperluas jangkauan Internet dan mendorong lebih jauh dari sebelumnya. Popularitas jaringan nirkabel telah menyebabkan biaya peralatan untuk terus menukik, sementara kemampuan peralatan terus meningkat tajam. Kami percaya bahwa dengan mengambil keuntungan dari ini keadaan, masyarakat akan mampu membangun infrastruktur komunikasinya sendiri. Kami berharap tidak hanya untuk meyakinkan Anda bahwa ini mungkin, tetapi juga menunjukkan bagaimana kami telah dilakukan hal tersebut, dan untuk memberikan informasi dan perangkat yang diperlukan untuk memulai proyek jaringan lokal komunitas anda.

Infrastruktur nirkabel dapat dibangun untuk biaya sangat sedikit dibandingkan dengan alternatif kabel yang tradisional. Akan tetapi, penghematan biaya hanya sebagian dari pembangunan jaringan nirkabel. Dengan memberikan komunitas lokal ke akses ke informasi yang lebih murah dan mudah, mereka akan langsung merasakan manfaat yang di tawarkan oleh Internet. Waktu dan usaha yang dihemat dengan akses ke jaringan global akan langsung diterjemahkan pada kekayaan pada skala lokal, karena banyak pekerjaan dapat dilakukan dalam waktu singkat dan usaha yang lebih sedikit.

Demikian pula, jaringan akan lebih berharga saat semakin banyak orang yang tersambung ke jaringan tersebut. Komunitas terhubung ke Internet dengan kecepatan tinggi akan memiliki suara di pasar global, dimana transaksi terjadi di seluruh dunia pada kecepatan cahaya. Orang di seluruh dunia merasakan bahwa akses internet mereka memberikan suara untuk membahas masalah-masalah mereka, politik, dan banyak hal yang penting untuk kehidupan mereka, dengan cara yang tidak dapat di saingi oleh telepon dan televisi. Apa yang sampai saat ini di rasakan seperti fiksi ilmiah, sekarang menjadi kenyataan, dan kenyataan tersebut dibangun di atas jaringan nirkabel.

Bahkan tanpa adanya akses ke Internet, jaringan nirkabel komunitas memiliki nilai yang besar. Jaringan akan memungkinkan orang untuk melakukan kerja sama dalam proyek yang melingkupi jarak yang jauh. Komunikasi suara, email, dan data dapat dipertukarkan dengan biaya sangat murah. Dengan melibatkan komunitas lokal dalam pembuatan jaringan, pengetahuan dan kepercayaan akan tersebar keseluruh komunitas, dan orang mulai memahami pentingnya bagi mereka terlibat dalam infrastruktur komunikasi. Pada akhirnya, mereka menyadari bahwa jaringan komunikasi dibangun agar orang dapat terhubung satu dengan lainnya.

Dalam buku ini kita akan fokus pada teknologi jaringan data teknologi nirkabel keluarga 802.11. Sementara jaringan tersebut dapat membawa data, suara, dan video (termasuk juga traffik tradisional seperti web dan internet), jaringan yang akan dijelaskan dalam buku ini adalah jaringan data. Kami tidak akan membahas GSM, CDMA, atau teknologi nirkabel suara lainnya, karena biaya implementasi teknologi tersebut diluar jangkauan kebanyakan proyek komunitas.


Pranala Menarik