FAQ VoIP Rakyat

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

FAQ - Frequently Asked Questions

Dalam halaman ini anda dapat menemukan beberapa informasi penting yang biasanya ditanyakan ketika anda baru bergabung dengan VoIP Rakyat. Apabila ada pertanyaan yang tidak terdapat dalam halaman ini, segera layangkan pertanyaan tersebut ke VoIP Forum.

Q: Apakah VoIP Rakyat itu ?
A: Komunitas riset dan pengembangan teknologi VoIP berbasis Open Source di Indonesia.
Q: Siapa saja tim pengembang utama VoIP Rakyat ?
A: Rekan-rekan ICT Centre Jakarta, dimotori oleh Anton Raharja sebagai arsitek VoIP Rakyat.
Q: Siapa saja tim pendukung/partner utama VoIP Rakyat ?
A: Acer Indonesia, ICT Centre Jakarta, IDC, Onno W. Purbo dan beberapa rekan media.
Q: Bagaimana cara berkomunikasi dengan VoIP Rakyat ?
A: Komunikasi IP-to-IP sesama pengguna VoIP (atau OnNet) yang optimal merupakan fokus utama dan tujuan akhir dari pengembangan jaringan VoIP Rakyat. Dalam perjalanannya, interkoneksi dengan PSTN/GSM/CDMA pun (atau OffNet) kami sediakan untuk mengakomodasi pengguna yang belum berada sepenuhnya di jaringan berbasis IP (Internet). Interkoneksi dengan PSTN/GSM/CDMA tersedia atas kerjasama VoIP Rakyat dengan iMax selaku pemilik izin ITKP.
Q: Bagaimana cara menelepon PSTN/GSM/CDMA ?
A: Anda harus memiliki account iMax, anda bisa mendapatkannya gratis dengan login ke website VoIP Rakyat dan ikuti panduan di menu iMax pada bagian My Offnet Account. Setelah itu anda perlu mengisi pulsa (topup).
Q: Bagaimana cara mengisi pulsa agar dapat menelepon PSTN/GSM/CDMA ?
A: Anda dapat membeli voucher dari ATM BCA diseluruh Indonesia pada menu: TRANSAKSI LAINNYA -> PULSA ISI ULANG -> LAINNYA -> IMAX, atau melalui http://www.klikbca.com.
Dari proses tersebut anda akan mendapatkan Voucher Number atau NO. SERI dan Voucher Password atau PASSWORD yang tercetak pada struk pembelian anda.
Voucher number dan password yang anda dapatkan dari proses diatas kemudian harus anda masukkan melalui website https://bca.imaxindo.com untuk mengisi pulsa account iMax anda.


Q:	Apakah ada biaya tertentu yang perlu saya bayarkan untuk menelepon PSTN/GSM/CDMA ?
A:	Ya. Rate atau pentarifan dapat dilihat dari dalam menu website VoIP Rakyat setelah anda login (menu iMax pada bagian My Offnet Account).
Kisaran rate tujuan Indonesia:
# PSTN Jakarta: Rp. 800,- per menit
# PSTN seluruh Indonesia: Rp. 1.200,- per menit
# GSM seluruh Indonesia: Rp. 1.500,- per menit
# CDMA Jakarta: Rp. 800,- per menit
# CDMA seluruh Indonesia: Rp. 1.200,- per menit
Q: Bagaimana dengan OnNet atau IP-to-IP, apakah ada biayanya ?
A: Biaya komunikasi OnNet adalah Rp. 0,- per menit atau gratis, dalam arti anda tidak perlu membeli pulsa ataupun membayarkan sejumlah uang kepada siapapun, kecuali tentu saja untuk biaya Internet (apabila memang ada).
Q: Bagaimana dengan dial format untuk menelepon PSTN/GSM/CDMA ?
A: Dial dengan format: 01002 [country code] [area code] [phone number]. Contoh ke PSTN: 01002 62 21 8613027 (tanpa spasi), contoh ke GSM: 010026285691107911.
Q: Saya mendapatkan 2 buah ID, mana yang saya gunakan ?
A: IM ID digunakan untuk Instant Messaging (IM) dan VoIP ID digunakan untuk VoIP. VoIP ID adalah 5 digit nomor yang juga merupakan nomor telepon VoIP anda. Sedangkan IM ID adalah nickname yang anda isikan pada saat registrasi atau yang anda Claim melalui menu Claim diatas.
Q:	Bagaimana caranya memanfaatkan layanan VoIP dan Instant Messaging (IM) di VoIP Rakyat ?
A:	Gunakan VoIP Rakyat Communicator (VRC) versi 0.3.x (versi 0.4 akan terlalu banyak menggunakan resource komputer anda). Download VRC 0.3.x dari menu download diatas. Catatan: gunakan IM ID atau IM username sebagai username pada menu login VRC 0.3.x.
Q: Saya berada di belakang NAT/Firewall, apakah saya tetap bisa menggunakan VoIP Rakyat ?
A: Pada umumnya, ya, anda tetap bisa menggunakan VoIP Rakyat. Tetapi tidak semua konfigurasi NAT/Firewall dapat dilewati oleh protokol signalling dan media yang digunakan oleh VoIP Rakyat.
Q: Apa yang perlu saya lakukan apabila NAT/Firewall saya membatasi akses ke VoIP Rakyat (NAT/Firewall: Blocked) ?
A: Hubungi network administrator anda dan katakan bahwa mereka perlu enable NAT untuk anda atau memberi anda Public IP, dan membuka port-port UDP sebagai berikut:
Untuk SIP :
# Port UDP 3478 dan 3479 (STUN, NAT type discovery)
# Port UDP 5060 (SIP, signalling)
# Port UDP 8000 sampai 10000 (SIP RTP, data voice + video)
Untuk IAX2 :
# Port UDP 4569 (IAX2, signalling and data)
Untuk Instant Messaging dan Video call :
# Port TCP 5222 dan 5223 (XMPP)
# Port TCP 1935 (RTMP)
Q:	Mengapa VRC yang lebih recommended dibanding X-Lite 3.0 ?
A:	VRC dapat dengan mudah menembus NAT/firewall (walaupun tidak semua jenis firewall), menyediakan fitur IM (chatting), video call dan video conference. Selain itu bandwidth yang digunakan lebih kecil baik untuk voice maupun video.
Q: Berapa besar bandwidth yang dibutuhkan untuk VoIP Rakyat ?
A: Saat idle, sedikit sekali bandwidth yang digunakan, tetapi saat anda berkomunikasi voice bandwidth yang perlu disediakan adalah sebesar minimal 28 kbps up 28 kbps down per channel (1 sesi komunikasi) untuk codec iLBC dan 24 kbps up 24 kbps down untuk codec G.729A.
Q: Codec yang mana yang paling optimal digunakan di VoIP Rakyat ?
A: Untuk softphone rekomendasi kami adalah codec iLBC, dan untuk hardware rekomendasi kami adalah G.729A (tetapi apabila perangkat anda dapat menggunakan iLBC, kami lebih menyukai anda menggunakan iLBC karena akan menghemat penggunaan CPU resource untuk transcoding).
Q: Oh ya, untuk video streaming (webcam) berapa besar bandwidth nya ?
A: Upload 48 kbps (saat anda publish) dan 48 kbps per stream (saat anda view streaming).


Referensi

Pranala Menarik