ICT4W: Mengetahui cara membuat akun e-mail gratis

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Untuk dapat berkomunikasi dengan rekan kerja, teman, keluarga, ataupun calon pelanggan, Anda perlu memiliki sebuah alamat e-mail. E-mail adalah metode untuk merelai surat, mulai dari penulisan, pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan surat melalui sistem komunikasi elektronik. Istilah “e-mail” (sebagai kata benda maupun kata kerja) biasanya dimaksudkan untuk sistem e-mail di Internet yang dikirim menggunakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).

Dengan menggunakan e-mail kita dapat mengirimkan surat secara cepat ke segala penjuru dunia dalam waktu beberapa detik saja. Yang lebih menarik, kita dapat berkumpul dengan banyak teman di Internet untuk berdiskusi menggunakan e-mail melalui mailing list.

Berikut ini beberapa layanan email gratis yang banyak dipakai:

  • Yahoo! Mail, merupakan layanan email milik Yahoo! Sekaligus perintis layanan email gratis sehingga tak heran banyak penggunanya. Selain email, Yahoo! Juga menawarkan fasilitas chatting lewat aplikasi Yahoo! Messenger (YM) dan ruang penyimpanan yang tidak terbatas.
  • Gmail, layanan email milik Google. Fasilitas yang ditawarkan Gmail antara lain: kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas, POP dan IMAP untuk email client.
  • Windows Live Hotmail, layanan email ini adalah milik Microsoft dan disediakan secara gratis.
  • Telkom.net, layanan email gratis dari Telkom, aksesnya cukup cepat karena servernya berada di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar membuat akun email dengan menggunakan Yahoo! Mail. Caranya adalah sebagai berikut:

Gambar Halaman Muka Yahoo
  • Isi data-data sesuai kolom. Beberapa data yang dibutuhkan antara lain, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, negara, username yang di inginkan dll.  Terdapat juga bagian In case you forget your ID or password, isi dengan informasi yang akan digunakan untuk memastikan identitas Anda jika password Anda hilang/lupa. Jika sudah selesai mengisi data dengan lengkap, klik Create My Account pada bagian bawah halaman.
Gambar Isi Data Yahoo


Pranala Menarik