ICT4W: Mengetahui cara memilih kata kunci pada Google

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Mesin pencari akan membantu kita dalam proses pencarian informasi. Ada beberapa keuntungan mencari informasi lewat internet. Murah dan cepat salah satu yang menjadi alasannya. Kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mencetak atau menyalin material. Selain itu, kemudahan lain yang ditawarkan internet adalah mencari informasi dalam waktu singkat. Jutaan informasi bisa dicari di internet dalam hitungan detik.

Cara melakukan pencarian lewat mesin pencari sangat simpel, cukup ketikkan kata yang ingin Anda cari tahu atau kata apapun yang terlintas di pikiran Anda ke dalam kotak pencarian, lalu tekan tombol Enter pada keyboard atau klik tombol GOOGLE SEARCH pada halaman muka pencarian. Dalam sekejap, Google akan mencari konten-konten yang relevan di internet sesuai kata kunci yang Anda masukkan tadi.

Nah, bagaimana memasukkan kata kunci yang benar ke mesin pencari sehingga kita tidak mendapatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit informasi yang membuat kita tidak dapat menemukan informasi yang kita cari? Salah satu teknik menyaring informasi yang relevan adalah dengan menambahkan simbol matematika seperti tanda +, - atau tanda kutip “.

  • Tanda plus (+) dipergunakan jika seorang netter ingin mencari berbagai dokumen dengan kata kunci lebih dari satu, misal: +biologi +sma +pdf. Hasil pencarian dengan menambahkan tanda plus akan lebih fokus menuju apa yang diinginkan.
  • Tanda minus (–) dipergunakan jika ada pengecualian. Contohnya, misalkan Anda ingin mencari beasiswa ke luar negeri, namun tidak mau yang berlokasi di Singapura dan Amerika. Maka kata kunci pencariannya adalah: +master +scholarship +abroad –singapore –amerika. Search engine akan mencari seluruh informasi sesuai kata kunci di atas, kecuali kata Singapore dan Amerika.
  • Tanda kutip (“) digunakan jika kita ingin memperkecil atau memfokuskan pencarian ke hal yang benar-benar diinginkan. Yang dilakukan oleh tanda kutip adalah memerintahkan search engine untuk mencari dokumen atau informasi yang mengandung teks persis seperti yang ada di dalam tanda kutip. Contoh: “definisi web browser”.

Perlu diketahui bahwa yang ditampilkan oleh search engine adalah link (alamat) keseluruhan situs yang berhubungan dengan hasil dari pencarian sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Kita tinggal mengklik salah satu link yang ada untuk dapat mengakses informasi yang diinginkan.

Pranala Menarik