ICT4W: Mengetahui cara navigasi pada berbagai folder di komputer

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Kebanyakan distro-distro Linux yang menggunakan GNOME sebagai lingkungan desktop nya menggunakan aplikasi Nautilus sebagai manajer berkas. Nautilus ini berfungsi untuk mengakses semua berkas/dokumen yang terletak pada media penyimpanan atau harddisk yang anda miliki.

Berikut ini adalah tampilan antar muka dan tombol navigsi dari aplikasi manajer berkas Nautilus.

Gambar Antar Muka Nautilus

Pada materi ini kita akan sedikit membahas mengenai aplikasi manajer berkas Nautilus, direktori apa saja yang terdapat di dalamnya, dan lain sebagainya. Anda bisa mengakses beberapa direktori pada Nautilus melalui menu utama dengan mengklik menu “Lokasi” kemudian anda bisa menentukan akan mengakses direktori apa dalam nautilus.

Gambar Menu lokasi

Secara bawaan dalam aplikasi Nautilus ada beberapa folder/direktori yang telah dikategorikan berdasarkan fungsinya, diantaranya adalah:

  1. Beranda: direktori beranda/home ini berfungsi selain menjadi penyimpanan data juga untuk menyimpan berkas konfigurasi yang ada di dalam sistem anda.
  2. Dokumen: direktori ini berfungsi untuk menyimpan dokumen-dokumen anda.
  3. Musik: direktori musik dapat anda gunakan untuk menyimpan berkas-berkas lagu yang anda miliki.
  4. Gambar: direktori gambar bisa digunakan untuk menyimpan berkas-berkas image.
  5. Video: tidak beda dengan fungsi direktori lainnya, direktori ini bisa anda gunakan untuk menyimpan berkas-berkas video.
  6. Unduhan: direktori ini bisa anda fungsikan sebagai tempat menyimpan berkas hasil unduhan anda.

Pranala Menarik