Intel Destination: Speed

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Sumber: http://www.gamexeon.com/forum/hardware-article/66277-intel-destination-speed.html

Keluarga baru intel, Intel Core Family, kemarin resmi diluncurkan di Indonesia setelah sekian lama ditunggu. Intel Destination : Speed, judul acara itu, dimeriahkan dengan pernak pernik khas luar angkasa yang menghiasi peluncuran keluarga intel terbaru.

Acara yang dilangsungkan di Blowfish, Wisma Mulia, Jakarta dibuka dengan perkenalan Magnificores, ikon Intel yang mewakili processor terbaru mereka. Mereka adalah Titan aka i7, Foxy aka i5, and Marvel aka i3.

Menurut Pak Budi, trend pengguna internet telah berubah dari sekedar connected menjadi pengguna creative, dengan membuat dan mengupload content berupa foto, audio dan video ke social media atau blog post-nya.

User Generated Content ini akan lebih mendominasi keberadaan internet dimasa depan, dimana kita dengan mudah bisa mengupload video, gambar, foto, animasi dan segala macam bentuk creative content yang di submit oleh user. Karena itu user sangat memerlukan kecepatan tinggi dalam pemrosesan creative content tersebut.

Dilengkapi dengan teknologi Hyper Threading yang lebih jenius dari generasi sebelumnya, load pada Intel Core Family tidak lagi static, melainkan dynamic. Intel Core Family akan secara genius mengetahui jumlah pemrosesan yang dibutuhkan oleh sebuah aplikasi. Jika sebuah aplikasi hanya perlu menggunakan 1 core, maka ketiga core lain akan menganggur. Sementara jika permintaan sebuah aplikasi tidak terbatas pada jumlah core, dan bisa dibantu oleh core lain, maka, processor terbaru ini akan menggunakan core lainnya untuk membantu pemrosesan content tersebut.

Dalam kesehariannya, kita yang menggunakan aplikasi untuk rendering video akan sangat dibantu dengan aplikasi bentuk Hyper Threading yang dinamis ini. Karena sampai sekarang, masih cukup banyak aplikasi yang tidak bisa membedakan apakah sebuah processor memiliki 1 atau 4 core. Dan dengan pemrosesan jaman dulu, maka core ini akan bekerja bersamaan, membagi rata masing masing pekerjaan menjadi 4, jika sebuah software tidak memahami bagaimana cara kerja keempat core yang dimiliki. Dengan Core Family, kebingungan software akan hal ini bisa dieliminasi.

Alhasil, tentu saja meningkatnya produktivitas dan kecepatan dalam pembuatan creative content. Plus, karena Core Family membenamkan memory controller di dalam processor, maka latency bridge akan semakin minim. Dengan latency yang semakin minim, Internet Content Creation akan semakin kencang. Rendering pages, ping pada game online, loading dan unloading flash akan jadi lebih wuzz. Sehingga, performa tinggi dalam Internet Content Creation bisa didapat dengan core baru ini.

Informasi, Core Family juga memiliki fitur Turbo Boost yang meningkatkan clock speed secara gradual, mulai dari 2.9 GHz, naik ke 3.2 GHz, naik lagi jadi 3.5 GHz sampai 4.1GHz, dan entah naik lagi sampai berapa GHz jika diperlukan oleh sebuah software.

Dalam percobaan saya yang telah lalu, meningkatkan processor nya sampai 4.1GHz dan digunakan sehari hari tidak membuat core nya kepanasan. Dan sampai sekarang, Intel Core i5 yang ada di tempat saya masih belum dimatikan semenjak hari pertama datang, dan masih berjalan pada kecepatan 4.15 GHz, biarpun saat sedang idle. Istripun senang senang saja bekerja dengan komputer baru nya yang jauh lebih cepet dari e6550 saya yang di overclock sampai 3.5GHz untuk pekerjaan sehari hari -_-

Salah satu hal yang membuat kepala saya pusing adalah hadirnya chip Intel GMA baru yang dibilang mampu memainkan game jaman sekarang dengan lebih oke. Pada kenyataannya, kemarin di demokan Modern Warfare 2 dengan resolusi 1440 x 900, dimainkan hanya dengan menggunakan grafis onboard !

Modern Warfare 2, sungguh tidak masuk akal mampu di jalankan dengan grafis onboard, walaupun dengan setting minimal dan tanpa AA, pada resolusi 1440 x 900. Dilihat seperti apapun, sungguh tetap tidak masuk akal, terutama jika dibandingkan kekuatan Intel GMA sekitar 2 tahun yang lalu. Intel GMA HD yang dibenamkan dalam chipset terbarunya, sungguh benar benar mampu memainkan game baru ini tanpa lag berarti. Edan!

Tentu kalian sudah sering dengar dari saya kalau komputer saya ini internet dan file server, dan tidak bisa dimatikan barang sedetikpun, kecuali istri dan adik yang tinggal satu rumah dengan saya, mau mati internet-nya, sehingga saya nggak pernah mematikan komputer barang sedetikpun

Ya, selama nggak mati lampu, komputer ini nggak boleh mati. Saya jadi kepikiran untuk memindahkan seluruh load internet dan file server kepada komputer baru yang menggunakan Intel Core Family, karena konsumsi daya yang diperlukan persatuan waktu lebih kecil dari pada Intel e6550 kuno saya ini seharusnya, dan juga, kemampuannya untuk mematikan beberapa cores apabila tidak digunakan, tentu akan sangat membantu kita untuk menghemat beberapa lembar emas agar tidak kebobolan dompetnya.


Pranala Menarik