Keberlanjutan Ekonomi

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Memperoleh kesinambungan jangka panjang kemungkinan adalah hal yang paling sulit ketika mendisain dan mengoperasikan jaringan wireless dan telecenter di negara berkembang. Biaya penghalang dari sambungan internet di banyak negara berkembang adalah biaya operasional yang besar yang membuat model ini sensitivitas terhadap fluktuasi ekonomi dan inovasi yang diperlukan untuk kelangsungan hidupnya. Kemajuan yang besar dalam penggunaan jaringan wireless untuk komunikasi pedesaan telah disempurnakan beberapa tahun yang lalu, sebahagian besar karena banyaknya penemuan baru dalam bidang teknologi. Sambungan jarak jauh dapat dibangun, disain bandwith tinggi dan membuka ketersediaan akses jaringan. Sayangnya, sangat sedikit keberhasilan dalam mengembangkan model bisnis berkesinambungan untuk jaringan wireless dan telecenter, khususnya untuk daerah yang terpencil. Berdasarkan pengalaman dan observasi penulis pada jaringan yang sudah berhasil, juga pengetahuan dari pengalaman praktis yang baik dari wiraswastawan pembangunan, bagian ini akan memfokuskan pada metoda untuk membangun kesinambungan jaringan wireles dan telecenter.

Pada dekade yang dulu, terjadi pertumbuhan luar biasa dalam akses Internet di antara dunia berkembang. Hampir semua kota di negara berkembang mempunyai wireless atau jaringan ADSL dan fiber optic untuk sambungan ke internet, merupakan sebuah peningkatan yang substansial. Meskipun di luar daerah perkotaan, akses internet masih merupakan tantangan yang berat. Hanya ada sedikit infrastruktur kabel diluar kota besar. Oleh karena itu, jaringan wireless, merupakan salah satu dari sedikit pilihan yang dapat menyediakan akses internet yang terjangkau. Di Macedonia , Proyek Macedonia Connects, saat ini telah menyambungkan sebagian besar sekolah-sekolah pemerintah ke Internet. Buku ini di tulis bagi mereka yang berharap untuk menyambungkan komunitas mereka. Model yang dikembangkan disini berskala kecil dan menggunakan desain yang terjangkau. Tujuan kami adalah menyediakan contoh bagaimana jaringan wireles dapat di desain untuk memungkinkan akses yang kesinambungan dimana operator telekomunikasi besar belum memasang jaringan-jaringan mereka ke dalam wilayah yang secara ekonomis tidak memungkinkan berdasarkan model tradisional

Dua kesalah pahaman yang harus dihindari. Pertama, banyak orang berasumsi bahwa ada satu model bisnis yang baik yang dapat digunakan oleh setiap komunitas di dunia berkembang, kunci sukesnya adalah menemukan satu solusi “eureka” . Pada kenyataan praktisnya, hal ini tidak berlaku. Setiap komunitas, setiap kota dan setiap desa ternyata berbeda. Tidak ada satu model yang pasti yang akan memenuhi semua wilayah di dunia berkembang. Memang beberapa daerah mungkin mempunya pola ekonomi yang sama, karakteristik dari model bisnis yang berkesinambungan akan berbeda-beda dari satu komunitas ke komunitas lainnya. Walaupun sebuah model bisa bekerja di suatu desa, desa terdekat lainnya bisa jadi kualitas kebutuhannya terhadap model ini tidak sama untuk bisa berkesinambungan. Dalam lingkup ini, model-model inovasi harus bisa di buat sesuai kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Kesalahan konsepsi lainnya adalah bahwa berkesinambungan mempunyai definisi sama untuk semua orang. Walaupun kesinambungan biasanya berarti bahwa sistem di bangun untuk dapat bertahan selamanya, bab ini fokus pada diskusi tentang kondisi ekonomi (finansial dana manajerial) dari pada aspek keberlanjutan. Juga sebagai ganti selamanya, keberanjutan akan lebi pada perioda lima tahun – perioda dimana infrastruktur IT dan Teknologi wireless diharapkan berguna. Istilah keberlanjutan digunakan untuk mengenkapsulasi disain system yang cocok untuk kira-kira lima tahun atau lebih.

Ketika menentukan dan mengimplementasikan model yang baik untuk jaringan wireless atau telecenter, ada beberapa faktor kunci yang membantu kesuksesan, Bab ini tidak bermaksud untuk menjadi panduan dalam mengelola jaringan wireless yang berkelanjutan, “How-to” ini dapat dijadikan petunjuk untuk mencari pendekatan yang cocok untuk situasi anda. Tool dan informasi yang ada di bab ini akan menolong orang untuk memulai jaringan wireless di dunia berkembang dan mencari jawaban dari pertanyaan dan mengumpulkan data-data agar bisa mendefinisikan komponen yang cocok bagi model mereka. Perlu di pahami bahwa mencari modem yang terbaik bukan proses yang berurut dimana setiap langkah harus diikuti sampai selesai. Kenyataannya, proses mencari model terbaik bersifat terus menerus dan rutin. Semua langkah-langkah terintegrasi dan terhubung satu sama lain, dan seringkali anda akan mengulang langkah-langkah tsb beberapa kali sampai ada kemajuan.


Pranala Menarik