Nouvelix Linux

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Deskripsi:

Nouvelix adalah distro LIVE CD untuk warnet dan bisa dicoba sebelum diinstal ke hardisk, dengan demikian para pemula bisa belajar terlebih dahulu dengan mudah tanpa khawatir kehilangan data mereka yang lama. Nouvelix juga bisa diinstal ke Flashdisk mengingat ukuran file ISO hanya 340mb atau 50% lebih kecil dan lebih hemat dari ukuran distro pada umumnya yaitu 700mb Nouvelix menggunakan default desktop KDE 3.5 yang mana terdapat konqueror sebagai file manager (explorer) yang support segala protokol jaringan seperti http, ftp, Smb, imap, ldap, nfs, nntp, pop3, smtp dan lain-lain.

KDE juga memiliki tampilan yang userfriendly dan didukung komunitas kde-look.org dan bisa menginstall themes yang bagus untuk menarik pengunjung warnet. Dan satu lagi Novelix menyediakan desktop 3D (compiz). Nouvelix juga bisa sebagai server, baik server billing (CCL) atau server lainnya seperti DHCP server, FTP server, SSH server, SMB server DNS server dan lain- lain. Terdapat juga firewall grafis (Guardog) utilities wireless dan bluetooth. Nouvelix memiliki aplikasi Internet yang banyak seperti mozilla firefox, konqueror, opera, pidgin, gyach (support webcam dan plugins komplit), kopete xchat, mIRC (yang biasa di windows) dijalankan dengan wine, GFTP Kmail, Bitorrent Client dan lain-lain.

Kebanyakan warnet menggunakan prosesor P3 dan RAM 256, maka dari itu sangatlah berat jika menjalankan Openoffice dan akhirnya saya putuskan Nouvelix menggunakan Office gnumeric, abiword, dan kpresent. Openoffice bisa diinstal dengan cara biasa seperti "pkgtool" atau "installpkg" dan berjalan normal jika memang dibutuhkan. Tersedia juga Gimp untuk edit gambar. Aplikasi multimedia juga banyak yaitu XMMS, Xine, Kplayer, Mplayer, CDPlayer, Avidemux (Video Converter) dan lain-lain


Latar Belakang Nouvelix Linux

Semakin banyaknya industri warnet di indonesia dipicu oleh semakin melonjaknya kebutuhan masyarakat akan Internet. Meskipun banyak ISP yang menawarkan paket Internet pribadi namun warnet masih tetap menjadi pilihan. Ini karena seseorang bukan hanya ingin online tapi juga mencari suasana dan juga ingin mendapat sedikit trik dan tips tentang Internet dari operator warnet seperti cara mendownload, googling dan lain-lain.

Perkembangan industri warnet juga harus didukung oleh perkembangan Software yang digunakan, terutama legalitas dan kualitas. Dan operating sistem serta aplikasi juga harus terpenuhi. Banyak pengusaha pemula warnet sukses di awal namun dipertengahan mengalami hambatan, itu disebabkan karena harga software yang mahal, sering terjadi ketidakstabilan dan kerusakan software akibat virus sehingga membuat biaya maintenance jjuga bertambah.

Adapun solusi yang tepat yaitu menggunakan operating system Linux. Linux sangat stabil dan powerfull serta bebas dari virus dan memiliki banyak macam pilihan distro. Dan di indonesia sudah ada distro khusus untuk warnet yaitu zencafe. Sebuah penemuan yang sangat bagus dan sangat membantu. Dari survey dan komentar-komentar di internet banyak pemula linux masih belum paham dengan struktur linux basis slackware. Ada fitur-fitur yang perlu ditambah yaitu Tampilan desktop, koneksi Bluetooth grafis, Instalasi grafis (GUI), VNC remote desktop, space hardisk yang lebih kecil, bisa dicoba sebelum diinstall (LIVE CD) dan ada beberapa orang yang butuh desktop 3D (compiz)

Untuk itu muncul ide membuat distro baru yang source dan pakagenya mengambil dari Nimblex 2008, Zencafe 2.0, dan Slackware 12.2 agar memenuhi keinginan para pemula linux untuk kelengkapan warnetnya. Distro ini saya namakan “Nouvelix” yang mana nama tersebut berasal dari nickname pembuat “Novelist Kesunyian” dan kemiripan distro “Nimblex”


Official Nouvelix Linux

Developer by Didit Handiantoko

Nouvelix Linux bisa di download di www.nouvelix.co.tv Dan juga situs mirror pemerintah :

Repository bisa diunduh di website,

Base camp : Jalan Kebraon 2 Gg Apel No.9 Surabaya 60222

Telp : +623177524673

become fan : http://www.facebook.com/pages/Nouvelix-Linux/168143069007


Pranala Menarik