ORARI: Pelatihan Kemayoran Membuat Interface Komunikasi Digital

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Pada hari Sabtu pagi, tanggal 29 Agustus 2009, ORARI Lokal Kemayoran Jakarta mengadakan acara internal ORARI Lokal Kemayoran berupa pelatihan dari anggota, untuk anggota dan oleh anggota ORARI lokal Kemayoran. Bertindak sebagai instruktur adalah salah satu techie dari ORARI Lokal Kemayoran yaitu Pak Merta, YC0OZ.

Pelatihan dilakukan di Markas Kelompok Remaja Melek IT (Kerm.IT) yang berlokasi di Jl. Swadaya V/20 Lantai 2 di Cempaka Baru, Jakarta Pusat. Bagi anda yang menggunakan GoogleMaps bisa menemukannya pada posisi -6.168574,106.865097 .

Pelatihan sebetulnya terbuka untuk rekan-rekan lokal lain untuk mengikuti. Pengumuman sempat di posting di mailing list orari-news@yahoogroups.com maupun di Page Facebook penulis di http://www.facebook.com/onno.w.purbo.

Topik pelatihan sebetulnya relatif sederhana, yaitu, “Membuat Interface Komunikasi Digital”. Pada dasarnya menggunakan rangkaian yang sangat sederhana kita dapat menggunakan komputer untuk mengatur peralatan tranceiver untuk transmit atau receive. Peralatan Interface di satu sisi tersambung ke sambungan serial dan sound card di PC, di sisi lain tersambung ke Mic, Speaker dan CW yang ada di pesawat transceiver.

Hadir pada acara menyolder bersama banyak teman-teman ORARI Lokal Kemayoran, antara lain, YD0MLH, YC0KBE, YC0KRB, YD0MPE, YC0KOJ, YC0LTM, YD0KRF, YC0OZ, YC0QR, YC0MLC, YD0NHX dll. Sebagian dari peserta yang hadir ternyata belum pernah menyolder sebelumnya, jadi event tersebut merupakan pertama kali bagi peserta untuk secara langsung menyolder rangkaian. Hal ini menjadi tantangan yang cukup berat bagi Instruktur YC0OZ karena membutuhkan beberapa orang Asisten yang mau secara aktif membantu peserta yang ada.

Proses training di awali oleh YC0OZ dengan penjelasan tentang cara kerja rangkaian dan teknik menyolder yang baik. Selanjutnya di jelaskan berbagai bentuk komponen dan peletakannya di PCB. Terus terang, sebaiknya bagi rekan-rekan ingin menyelenggarakan kegiatan serupa ada baiknya dibuat pra-kegiatan yaitu penjelasan tentang berbagai bentuk komponen dan latihan menyolder. Latihan menyolder ternyata dibutuhkan karena kebanyakan peserta yang akan hadir ternyata jarang sekali menyolder. Terutama rekan-rekan Wanita YL, sebagian merupakan kali pertama menyolder seumur hidup-nya.

Walaupun kesempatan ini merupakan kali pertama, tidak membuat para peserta menjadi berkecil hati. Bahkan sebagian besar melakukan kegiatan tersebut dengan suka ria. Tampak pada beberapa gambar terlampir adalah suasana kegiatan pelatihan ORARI Lokal Kemayoran Jakarta.


Rangkaian yang sedang di rakit, masih belum selesai. Terlihat komponen pasif seperti trafo, capasitor, dioda, resistor, soket IC telah di pasang terlebih dulu
YC0OZ di bantu YC0KBE keduanya dari ORARI Lokal Kemayoran sedang menerangkan pada rekan-rekan yang hadir. Tampak pada gambar adalah YD0KRF, YC0KRB dan YC0LTM
YC0KBE tampak sedang membantu menerangkan ke YD0CIA dan YD0MLH (YL). YD0MLH adalah Wakil Ketua ORARI Lokal Kemayoran. Beliau cukup bersemangat untuk belajar walaupun hari itu merupakan hari pertama kali beliau menyolder dalam hidup-nya
YC0KRB-berhasil-pertama-kali-selesai.jpeg

YD0KRB adalah orang yang pertama kali menyelesaikan pembuatan rangkaian interface untuk komunikasi digital dalam pelatihan ORARI Lokal Kemayoran. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk menyolder rangkaian interface tersebut.

Suasana-pengetesan-peralatan-ada-YC0OZ-YC0KOJ-YD0CIA-YC0QR.jpeg

Suasana gembira saat men-test rangkaian yang baru dibuat, tampak dari kiri ke kanan, adalah YC0OZ, YC0KBE (hanya terlihat mata-nya), YC0KOJ, YC0MLC (duduk), YD0CIA dan YC0QR. Setup untuk men-set adalah laptop (milik YC0KOJ) menjalankan software HAMSCOPE dan FLDIGI yang di sambungkan ke HT Alinco. Jika rangkaian telah benar dibuat maka HT Alinco akan transmit dan mengeluarkan modulasi yang benar.


Pranala Menarik