Reset password root

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Jika anda lupa password root. Di Linux dapat dilakukan dengan booting ke mode: single user mode. Tutorial ini memperlihatkan cara masuk ke single user mode menggunakan GRUB dan mengganti password.

Pada operasi normal, Linux biasanya beroperasi pada runlevels 2 s/d 5 yang merupakan berbagai mode multi-user. Booting Linux ke runlevel 1 akan memungkinkan kita untuk masuk ke mode spesifik, single user mode. Di level 1 ini, kita akan langsung memperoleh prompt root tanpa perlu login terlebih dulu sehingga memudahkan mengganti root password.


Masukke runlevel 1

Di beberapa distribusi Linux, seperti Ubuntu, memberikan boot menu "Recovery Mode" atau "Single-User Mode". Jika ini bisa dilakukan anda dapat langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Jika menggunakan GRUB, anda dapat secara manual mengedit menu entry pada saat boot. Untuk melakukan saat GRUB memperlihatkan menu list (kita perlu menekan ESC terlebih dulu), ikuti instruksi berikut:

  • Gunakan anak panah untuk memilih boot entry yang ingin kita modifikasi.
  • Tekan e untuk mengedit entry
  • Gunakan panah untuk menuju kalimat kernel
  • Tekan e untuk mengedit entry ini.
  • Di ujung akhir kalimat tambahkan kata single.
  • Tekan ESC untuk kembali ke menu utama.
  • Tekan b untuk boot kernel tersebut.

Kernel akan booting seperti biasa (kecuali splash screen akan hilang), dan kita akan masuk ke root prompt (#).


Mengubah root password

Sebagai root, mengubah password biasanya tidak akan di tanyakan root password yang lama, oleh karenanya kita dapat langsung menjalankan perintah

# passwd

ini akan menanyakan langsung password root yang baru, dan akan meminta kita untuk mengkonfirmasi ulang untuk memastikan kita tidak salah ketik.

Selanjutnya kita dapat root PC kita dan memperoleh root akses kembali.

Referensi

Pranala Menarik