Software untuk Monitoring Jaringan

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
Date: Thu, 20 May 2010 10:59:42 +0800 (SGT)
From: Pesta Situmorang <pestahorassitumorang@yahoo.co.id>
Reply-To: yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com
To: yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com
Subject: Bls: [YF][JAWAB] Monitoring LAN


  • Saya menyarankan untuk menggunakan Nagios. http://www.nagios.org [www.nagios.org] SW ini sudah banyak digunakan admin jaringan untuk monitoring LAN kita bisa menambahkan plugin2.
  • Untuk mapping topology jaringan gunakan NeDi http://www.nedi.ch [www.nedi.ch] NeDi bisa di gabung dengan cacti. menurutku NeDi lumayan bagus untuk menggambarkan topology jaringan coz sw ini bisa secara otomatis draw map jaringan. dengan syarat SNMP client harus aktif di setiap komputer, switch, router. firewall. dan NeDi auto discovery network.
  • Ada juga yang Zenoss http://www.zenoss.com [www.zenoss.com] tapi aku kurang recomended untuk SW yang satu ini, coz membutuhkan resources yang lumayan gede. tapi untuk monitoring jaringan dan inventory aset sangat bagus.
  • Aku nyaranin OCS inventory NG, http://www.ocsinventory-ng.org/ [www.ocsinventory-ng.org] sw ini menurutku sangat bagus. kita bisa liat secara detail semua system hardware dari satu komputer dan juga system software, mulai dari sistem operasi, software yang terinstall. dan bisa generate report. mis, kita mau tau komputer siapa2 aja yang terinstall office 2003, winamp, dll dan juga hardwarenya.

Sekian dan terima kasih.


ttd.

Nama : Pesta Horas Situmorang
No HP : +6281384109934



Pranala Menarik