Solusi Tidak Bisa Booting pada Linux Ubuntu 10.04

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Sumber: http://kafegue.com/solusi-tidak-bisa-booting-pada-linux-ubuntu-10-04/


Tips ini mungkin lebih ditujukan untuk pengguna Linux Ubuntu 10.04 yang menggunakan chipset (VGA) SIS pada notebooknya. Contohnya seperti notebook Zyrex Cruiser 625 milik saya. Kemarin malam, seperti biasa saya coba booting (membuka) OS Ubuntu 10.04. Namun ternyata kondisinya mirip dengan ketika saya akan menginstall. Muncul layar acak berwarna ungu yang sangat lama usai saya menekan enter saat pilihan booting muncul.

Tunggu punya tunggu, layar acak tersebut tak jua berakhir. Sempat panik juga saya, sebab biasanya cuma sebentar dan langsung masuk ke sistem operasi. Akhirnya saya matikan saja dan booting ulang via OS Windows XP. Mau bertanya pada Mas Ade Hendini (ketua Pontianak Linux User Group) jadi malu. Soalnya sudah berkali-kali minta tolong padanya. Ya sudah. Jalan terakhir ya googling!

Dengan kata kunci “tidak bisa booting ubuntu”, akhirnya saya menemukan solusi ampuh pada link tulisan yang muncul di urutan pertama SERP. Berdasarkan referensi tulisan itu, di sini saya coba sharing (dengan sedikit penyesuaian berdasarkan pengalaman saya mempraktekkan tips dalam tulisan tersebut). Solusi singkat dan praktis untuk mengatasi tidak bisa booting pada Ubuntu 10.04 (untuk kartu grafis SIS) :

  • Pada menu/list pilihan booting, coba pilih list teratas (yaitu Ubuntu generic). Jangan dulu tekan enter, tapi tekan tombol E pada keyboard Anda.
  • Akan muncul keterangan berupa teks. Nah, pada keterangan tersebut, coba cari teks yang bertuliskan quiet splash. Lalu hapus teks tersebut dan ganti dengan kode noreplace-paravirt (jangan lupa gunakan tanda penghubung).
  • Tekan tombol/shortcut Ctrl + X untuk booting, maka Ubuntu 10.04 akan kembali normal (bisa langsung masuk ke sistem operasi tanpa adanya layar acak yang lama).
  • Setelah login pada OS Ubuntu Anda, coba buka Terminal (via menu Applications > Accessories). Lalu ketikkan kode berikut ini pada kotak Terminal :
sudo gedit /boot/grub/menu.lst
  • Tekan enter. Lalu akan terbuka sebuah kotak gedit. Pada kotak gedit tersebut, coba isikan dengan kode noreplace-paravirt.
  • Klik save dan lalu exit pada pilihan menu bar atas kotak gedit tersebut. Beres deh. Semoga booting Ubuntu 10.04 Anda tidak lagi bermasalah. Kalau dengan cara di atas masih tidak bisa booting, coba ulangi lagi langkah 1-3.

Oya, tips di atas bukan untuk masalah yang terjadi saat pertama kali akan menginstall Ubuntu, tetapi lebih tepat ketika usai proses installasi. Untuk lebih jelas, silakan merujuk ke memperbaiki error proses booting Ubuntu (ansiskyline.blogspot.com). Ada gambar penjelas di tulisan tersebut.


Referensi

Pranala Menarik