VPN untuk Pemula

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Sumber: https://www.expressvpn.com/how-to-use-vpn/vpn-for-dummies


Apakah VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Ini adalah terowongan terenkripsi antara dua perangkat yang memungkinkan anda mengakses setiap situs web dan layanan online secara pribadi dan aman.

Bagaimana Cara Kerja VPN Tunneling?

VPN tunneling akan membuat sambungan point-to-point antara dua perangkat, biasanya antara server VPN dan perangkat anda. Tunneling akan membungkus data anda ke dalam paket TCP/IP standar dan mentransfernya dengan aman di Internet. Karena data dienkripsi, peretas, pemerintah, dan bahkan penyedia layanan Internet tidak dapat melihat, menyadap apalagi mengatur informasi yang anda kirim / terima saat anda terhubung ke server VPN.

VPN adalah terowongan pribadi antara perangkat anda dan Internet.

Mengapa Kita Harus Menggunakan VPN?

Dari peningkatan keamanan hingga penghematan uang, ada banyak manfaat yang berasal dari penggunaan VPN.

Apa beda VPN dengan Proxy?

Ketika anda terhubung ke server proxy, itu menjadi perantara antara perangkat anda dan Internet. Semua lalu lintas Internet anda dirutekan ulang melalui server proxy, membuatnya tampak berasal dari alamat IP server proxy.

VPN menawarkan semua manfaat dari proxy tetapi juga mengenkripsi data anda.

Terhubung melalui server proksi akan menutupi alamat IP anda dan memungkinkan anda mengakses konten yang disensor. Namun, server proxy tidak mengenkripsi lalu lintas anda, sehingga informasi apa pun yang anda tukarkan melalui koneksi dapat disadap oleh orang lain, seperti perentas atau pencuri identitas, yang juga terhubung ke server proxy.

VPN menawarkan semua manfaat dari server proxy tetapi juga mengamankan dan mengenkripsi data antara perangkat anda dan Internet, memungkinkan anda menikmati World Wide Web tanpa takut informasi anda disadap atau dicuri.

Apa beda VPN dengan DNS?

Selain layanan VPN utamanya, beberapa layanan VPN juga menyediakan cara untuk mengubah pengaturan DNS anda sehingga hanya konten tertentu yang melewati servernya, meninggalkan sisa lalu lintas jaringan anda untuk ditangani oleh ISP reguler anda.

Hanya mengubah DNS anda agar tidak menggunakan tunneling, yang lebih cepat tetapi juga rentan terhadap gangguan.

Namun, seperti server proxy, layanan DNS ini tidak termasuk tunneling aman untuk lalu lintas jaringan anda, yang membuatnya sedikit lebih cepat tetapi meninggalkannya rentan terhadap gangguan pihak ketiga. Selain itu, mengubah pengaturan DNS anda tidak menyembunyikan alamat IP anda, karena tidak semua lalu lintas Anda dialihkan melalui server DNS. Jika anda ingin tetap anonim dan melindungi informasi yang anda tukar secara online, anda memerlukan VPN.

Apa beda VPN dengan Firewall?

Firewall adalah penghalang yang menganalisa paket data dari Internet yang mencoba untuk terhubung ke komputer anda, dan hanya memungkinkan paket data yang memenuhi sekumpulan aturan yang telah ditentukan yang bisa melewati.

Firewall adalah penghalang yang menganalisa paket data yang mencoba menjangkau komputer anda.

Menggunakan firewall adalah cara terbaik untuk melindungi perangkat anda dari ancaman seperti serangan virus dan worm. Namun, firewall hanya dapat melindungi perangkat anda dari lalu lintas masuk yang berbahaya. Untuk mengamankan dan melindungi lalu lintas jaringan yang meninggalkan perangkat anda, anda memerlukan VPN. Firewall memang menawarkan manfaat pelengkap untuk VPN, namun, dan menggunakan keduanya secara bersamaan memberikan keamanan online yang optimal.

Firewall dapat melengkapi VPN untuk menyediakan keamanan online yang optimal.

Apa beda antara VPN App, VPN Plugin, dan VPN Browser?

Browser VPN atau plugin browser hanya melindungi lalu lintas browser web anda. Sisa lalu lintas jaringan dari perangkat anda masih terbuka bagi penyedia layanan Internet dan peretas. Aplikasi VPN akan mengenkripsi dan melindungi semua lalu lintas jaringan dari perangkat anda.

Browser VPN atau plugin browser hanya melindungi lalu lintas browser web anda.

Sebaiknya anda menggunakan VPN app bukan VPN plugin atau browser.

Dimana kita bisa memperoleh VPN?

Ada cukup banyak layanan VPN di Internet, beberapa diantaranya adalah ExpressVPN, F-Secure Freedome VPN, KeepSolid VPN Unlimited, NordVPN, Private Internet Access, Norton HotSpot Privacy, dan TorGuard. Untuk perlindungan VPN gratis, bisa di coba CyberGhost cyberghostvpn.com dan VPNBook vpnbook.com. Sayangnya, VPN free biasanya banyak pop-up iklan.

Referensi