VoIP: Troubleshooting

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Pengoperasian VoIP bukannya tanpa masalah. Ada banyak masalah yang sering kita hadapi di VoIP, kita perlu menyadari hal tersebut agar dapat mengantisipasi kualitas VoIP yang baik. Salah satu referensi yang baik untuk melihat permasalahan di jaringan VoIP adalah di

http://www.voiptroubleshooter.com/

Sebagian dari tulisan ini merupakan terjemahan bebas dari VoIP trouble shooter di atas.

VoIP Secara Umum

Secara umum proses komunikasi VoIP meliputi pemaketan suara "analog" dari handset telepon, di digitalisasi, di kompress, dikirim dalam paket-paket pendek melalui jaringan, di dekode dan rekonstruksi agar kembali menjadi sinyal suara di ujung sebelah sana.

Jaringan paket yang digunakan untuk mengirimkan suara tersebut dapat berbasis IP, berbasis ATM, berbasis Frame relay yang sebetulnya menyebabkan berbagai teknologi "Voice over" termasuk VoIP, VoATM, VoDSL, VoCable, VoP dll. Kita biasanya menggunakan istilah VoIP untuk semuanya.

IP phone biasanya akan melakukan proses digitalisasi, kompresi, dan paketisasi internal di dalam pesawat telepon dan menghasilkan aliran paket suara melalui jaringan LAN Ethernet.

IP gateway merupakan interface antara telepon analog atau telepon digital atau ke TDM trunk dan mengkonversikan setiap sinyal suara ke aliran paket VoIP. Sebuah IP PBX atau Gateway enterprise biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menyambungkan IP phone ke jaringan telepon konvensional. Sebuah trunk gateway biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menyambungkan banyak sambungan telepon "analog" ke VoIP.

Penjelasan Lebih Lanjut

Matrix Permasalahan

Referensi

Pranala Menarik

Latar Belakang

Untuk Pemula

Untuk Peneliti / Pencoba

Untuk Operator

Topik Lanjut

Buku Teknologi VoIP