WNDW: Lalu lintas Windows pada sambungan internet

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Komputer Windows saling berkomunikasi satu sama lainnya melalui NetBIOS dan Server Message Block (SMB). Protokol-protokol ini berkerja diatas TCP/IP atau protokol-protokol pengangkut lainnya. Ini merupakan protokol yang berkerja dengan mengadakan pemilihan untuk menentukan komputer mana yang akan menjadi browser utama. Browser utama adalah sebuah komputer yang menyimpan daftar semua komputer, file yang digunakan bersama atau di-share, dan printer yang dapat anda lihat dalam Network Neighborhood atau My Network Places. Informasi mengenai bagian yang tersedia juga ditayangkan pada interval yang reguler.

Protokol SMB didesain untuk LAN dan menimbulkan masalah ketika komputer Windows disambungkan ke Internet. Kecuali lalu lintas SMB di-filter, protokol ini juga cenderung untuk menyebar ke sambungan Internet, menghabiskan bandwidth secara cuma-cuma. Langkah-langkah berikut mungkin dapat diambil untuk menghindari ini:

Bloklah lalu lintas SMB/NetBIOS yang keluar pada perimeter router atau firewall. Lalulintas ini akan menghabiskan bandwidth Internet, dan lebih parah lagi, dapat menimbulkan potensi resiko keamanan. Banyak worm Internet dan alat penetrasi yang secara aktif mencari bagian SMB yang terbuka, dan akan mengeksploitasi sambungan-sambungan ini untuk memperoleh akses yang lebih besar ke jaringan anda.


Instal ZoneAlarm pada semua workstation (tidak pada servernya). Sebuah versi gratis dapat ditemukan di http://www.zonelabs.com/. Program ini memungkinkan si pengguna untuk menentukan aplikasi mana yang bisa membuat sambungan dengan Internet dan yang mana yang tidak bisa. Sebagai contoh, Internet Explorer harus tersambung dengan Internet, namun Windows Explorer tidak perlu. ZoneAlarm dapat memblok Windows Explorer dari melakukan ini.

Kurangi file-sharing jaringan. Idealnya, hanya server file yang dapat mempunyai file-sharing. Anda dapat menggunakan alat seperti SoftPerfect Network Scanner (dari http://www.softperfect.com/) untuk secara mudah mengidentifikasi semua file-sharing dalam jaringan anda.



Pranala Menarik