WNDW: Linksys WRT54G

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Salah satu akses point konsumen yang sekarang ini sangat populer di pasaran adalah Linksys WRT54G. Akses point ini memiliki dua konektor antena RP-TNC eksternal, Ethernet switch dengan empat port, dan radio 802.11b/g. Akses point ini dikonfigurasikan lewat interface Web yang sederhana. Walaupun tidak didesain sebagai solusi di luar, titik akses dapat dimasukan dalam kotak plastik dengan harga yang relatif rendah. Pada saat tulisan ini dibuat, WRT54G berharga sekitar $60.

Pada tahun 2003, hacker jaringan menyadari bahwa firmware yang dipaketkan dengan WRT54G adalah sebetulnya versi Linux. Ini menyebabkan perhatian luar biasa di pembuatan firmware yang memperluas kemampuan router Linksys secara signifikan. Beberapa fitur baru ini termasuk dukungan cara radio pelanggan, captive portal, dan jaringan mesh. Beberapa paket firmware alternatif yang populer untuk WRT54G adalah DD-Wrt (http://www.dd-wrt.com/), OpenWRT (http://openwrt.org/), Tomat (http://www.polarcloud.com/tomat) dan Freifunk (http://www.freifunk.net/).

Sayangnya, di akhir musim gugur tahun 2005, Linksys meluncurkan versi 5 WRT54G. Revisi perangkat keras ini menghapuskan beberapa RAM dan flash storage di motherboard, membuatnya sangat sulit untuk menjalankan Linux (dipaketkan dengan VxWorks, sistem yang jauh lebih kecil yang tidak mudah untuk di kustomisasi). Linksys juga meluncurkan WRT54GL, yang pada hakekatnya adalah WRT54G v4 (yang dapat menjalankan Linux) dengan label harga yang lebih besar.

Sejumlah akses point Linksys lainnya juga berjalan di Linux, termasuk WRT54GS dan WAP54G. Sementara yang ini juga mempunyai label harga yang relatif rendah, spesifikasi perangkat keras mungkin berganti kapan saja. Sulit untuk mengetahui perangkat keras mana yang digunakan tanpa membuka kemasan, membuatnya riskan untuk membeli mereka di toko pengecer dan mustahil untuk membelinya online. Walaupun WRT54GL dijamin dapat menjalankan Linux, Linksys sudah menginformasikan bahwa mereka tidak berekspetasi untuk menjual model ini dalam jumlah besar, dan tak jelas berapa lama alat ini dijual.

Untungnya, hackers nirkabel sekarang sudah dapat memasang firmware kustom di WRT54G versi 5 dan 6, dan revisi terakhir juga (v7 dan v8), yang terkenal sulit. Untuk detil dalam mendapatkan firmware alternatif yang terpasang di v5 atau v6 titik akses, lihatlah: http://www.scorpiontek.org/portal/content/view/27/36/.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kondisi terkahir hacking router nirkabel Linksys, lihatlah http://linksysinfo.org/ .


Pranala Menarik