WNDW: Membentuk Insentif yang Sesuai

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Seringkali, sangat sedikit insentif ekonomis bagi pengguna yang masih sekedar hidup untuk mengakses Internet. Sebagai tambahan, biaya untuk mendapatkan sebuah komputer, belajar untuk menggunakannya, dan mendapatkan akses internet jauh lebih besar daripada perolehan kembalinya. Baru-baru ini telah ada ada perkembangan aplikasi untuk mengatasi kekurangan insentif tersebut, seperti system informasi pasar, standar kualitas ditentukan oleh negara pengimpor dan pertukaran komoditi. Akses internet menjadi suatu manfaat nyata dalam situasi dimana pengetahuan akan harga sehari ke hari dari produk dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam pendapatan.

Membangun insentif ekonomi yang sesuai sangat penting untuk suksesnya jaringan. Jaringan harus menyediakan nilai ekonomis bagi penggunanya sehingga lebih besar dari biaya yang di keluarkan, atau cukup murah sehingga sangat kecil dan sesuai kemampuan penggunanya. Sangat penting sekali untuk mendesain sebuah jaringan dengan penggunaan ekonomis dan biaya yang dikeluarkan lebih kecil dari nilai ekonomis yang tersedia. Untuk membuat struktur insentif yang sesuai, anda harus terlibat di masyarakat dalam menciptakan jaringan dari awal proyek, pastikan bahwa inisiatif ini bersifat lokal dan tidak ada unsur luar. Untuk memulai, anda harus mencoba menjawab beberapa pertanyaan:

  1. Nilai ekonomis apa yang dapat dihasilkan jaringan untuk ekonomi lokal dan untuk siapa?
  2. Berapa banyak nilai ekonomis yang dapat dihasilkan dan dapat terlihat ?
  3. Dapatkah halangan yang ada diatasi dengan memungkinkan prestasi dalam pengembalian ekonomi?

Dengan menjawab pertanyaan ini, jaringan akan dapat dituliskan dengan jelas nilai proposional bagi tiap user (pengguna). Contoh : “Dengan menggunakan jaringan ini maka anda dapat meningkatkan margin keuntungan penjualan menjadi 2 %”, atau “Internet dapat menghemat uang dari biaya telephone dan biaya transportasi per bulan”. Anda harus bisa memperhitungkan bagaimana jaringan dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, atau mningkatkan pendapatan pada pelanggan.

Sebagai contoh : jika menyediakan informasi pasar pada industri jagung lokal, jaringan juga harus dilokasikan dekat dengan petani membawa hasil panen untuk di jual ke pembeli. Jaringan akan dapat memenuhi keterikatan sistem informasi pasar, menyediakan lembar harga pasar ( Rp 10.000 per buah), atau tempat untuk penjual dan pembeli (Rp 20.000 / hari). Jaringan anda dapat juga menyediakan sarana untuk petani untuk membaca tentang teknik baru dan membeli produk baru. Anda juga dapat menyediakan jaringan wireless pada pembeli dan menyewakan mereka terminal kecil untuk akses internet. Jika pasar sangat kecil, anda dapat mengurangi biaya dengan membatasi akses pada gambar-gambar dan berbagai layanan yang mengkonsumsi bandwith. Sekali lagi, mengetahui berapa banyak manfaat jaringan anda untuk para pedagang akan memungkinkan anda menaksir biaya yang dapat mereka bayar untuk layanan anda.


Pranala Menarik