WNDW: Menentukan Biaya dan Harga Awal maupun rutin

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Ketika anda merencanakan membentuk dan mengoperasikan jaringan wireleess anda, anda harus menentukan sumber-sumber yang diperlukan untuk memulai proyek dan biaya -baya operasional yang akan timbul. Biaya permulaan termasuk segala sesuatu yang harus di beli untuk memulai jaringan wireless anda. Pengeluaran ini akan dapat ditentukan dari awal anda berinvestasi berupa peralatan, instalasi, dan peralatan untuk akses point, hubs, switch, kabel, UPS, dll juga biaya untuk mendaftarkan izinnya. Biaya yang timbul dan harus dibayarkan untuk melanjutkan operasi jaringan wireless, termasuk biaya akses internet, telephone, pinjaman, listrik, gaji, sewa kantor, pemeliharaan dan perbaikan peralatan dan biaya lain untuk investasi untuk penggantian peralatan yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Setiap buah alat akan mengalami kerusakan atau kadaluarsa pada saatnya, dan anda harus menyiapakan ekstra dana untuk penggantiannya, caranya adalah dengan melakukan perhitungan biaya penyusutan. Contoh : sebuah komputer pemakaian rata-rata 2-5 tahun, pertama dibeli harganya USD 1.000 dan anda dapat memakainya hingga 5 tahun. Maka nilai penyusutannya adalah USD 200 per tahun, atau USD 16,67 per bulan, maka ketika masanya selesai anda dapat membeli komputer yang baru. Untuk membuat proyek berkesinambungan, sangat penting untuk menyimpan uang untuk kompensasi penyusutan barang setiap bulannya. Simpan uang tersebut sampai akhirnya bisa mengganti peralatan tersebut. Beberapa negara mempunyai aturan pajak tentang penentuan nilai penyusutan yang berbeda setiap barangnya. Dalam satu hal, anda harus mencoba utuk realistis tentang siklus hidup seluruh peralatan dan merencanakan nilai penyusutan secara hati-hati.

Coba untuk menemukan dulu berapa biayanya dan estimasi pengeluarannya. Tahap berikut (di halaman berikut) tunjukkan cara anda mengklasifikasi dan daftar biayanya. Ini cara terbaik untuk menstruktur biaya yang berbeda-beda, juga akan membantu anda untuk membedakan untuk membedakan antara biaya awal dengan biaya beulang.

Penting untuk meneliti biaya awal yang dikeluarkan lebih dulu, dan membuat estimasi yang realistis pada biaya Rutin yang timbul. Lebih baik untuk melebihkan budget dari pada kekurangan. Setiap proyek wireless selalu ada biaya tak terduga, khususnya di tahun pertama pengoperasian karena anda baru belajar untuk mengelola jaringan anda dengan baik.

Kategori Biaya


Biaya Awal Biaya Rutin Biaya Buruh Anlisa dan konsultansi Biaya pengembangan untuk pemrogramman, testing, integrasi dll. Biaya Instalasi. Biaya perekrutan. Biaya training (pengenalan).

Biaya penanganan / gaji untuk pegawai atau freelancer, termasuk kita sendiri. Biaya pemeliharaan dan dukungan untuk software, hardware, dan peralatan tambahan. Penjaga keamanan. Biaya training (lanjutan). Biaya Material (non buruh) Pembelian dan biaya produksi (untuk hardware seperti PC, VSAT, sambungan radio dan software). Peralatan tambahan (seperti switch, kabel dan perkabelan, generator, UPS dll). Proteksi data dan keamanan jaringan. Inventori awal (kursi, meja, lampu, korden dan karpet). Biaya bangunan (bangunan baru, modifikasi, AC, kabel listrik, teralis). Biaya lisensi (VSAT). Biaya marketing awal (selebaran, stiker, poster, pesta pembukaan). Biaya operasi untuk hardware dan pengoperasian system (akses Internet, telepon, dll). Biasa sewa. Depresiasi dari hardware dan peralatan. Biaya lisensi. ATK (seperti kertas, klip, disket). Biaya operasi untuk memelihara keamanan data. Asuransi. Biaya untuk listrik untuk menjamin supply daya. Biaya iklan. Biaya lokal. Jasa hukum dan akuntan.


Untuk meningkatkan kesempatan keberlanjutan, umumnya yang terbaik adalah memelihara struktur biaya rendah pada jaringan. Dengan kata lainnya, kecilkan pengeluaran sebisa mungkin. Ambil waktu untuk melakukan riset ke semua suplier, khususnya ISP-ISP dan toko sekitar agar dapat memberikan pelayanan terbaik. Sekali lagi, pastikan apa yang ingin di beli dari suplier sesuai permintaan komunitas. Sebelum pemasangan VSAT yang mahal, pastikan bahwa berapa jumlah organisasi atau perorangan di masyarakat anda yang akan menggunakan dan membayarnya. Tergantung permintaan akses informasi dan kemampuan membayar, metode sambungan alternatif mungkin lebih cocok. Jangan takut untuk berfikir beda dan kreatiflah untuk menentukan cara terbaik.

Menekan biaya menjadi rendah tidak harus mengorbankan kualitas. Karena peralatan berkualitas rendah lebih gampang rusak, anda dapat menghabiskan lebih banyak untuk pemeliharaan jangka panjang. Jumlah uang yang anda habiskan untuk pemeliharaan infrastruktur IT susah diperkirakan. Dengan infrastruktur yang makin besar dan kompleks, makin banyak sumber daya dan keuangan yang harus dialokasikan untuk pemeliharaannya.

Pada banyak kesempatan hubungan ini tidak linier tapi exponensial. Jjika anda mempunyai masalah besar dengan peralatan yang di bangun, maka dapat menghabis dana yang sangat besar untuk memperbaikinya. Bersamaan dengan itu, penjualan anda akan berkurang karena peralatan kita tidak dapat berjalan. Ada contoh menarik dalam WISP ( wireless internet service provider) yang besar, mereka mempunyai lebih dari 3000 akses point yang beroperasi, mereka tidak pernah mencapai break event (untung) karena dihabiskan terlalu banyak untuk pemeliharaan akses pointnya. Di samping itu, mereka menganggap enteng jangka waktu hidup yang pendek dari peralatan. Hardware ICT cenderung menjadi murah dan semakin baik bersama waktu. Sesaat setelah perusahaan investasi waktu dan uang untuk memasang akses point generasi pertama dan mahal type 802.11b, produk baru standard “g” keluar. Kompetitor baru akan mendisain akses pont lebih bagus dan lebih murah dan menawarkan Akses internet lebih cepat dengan biaya murah. Akhirnya WISP pertama harus menutup perusahaannya, meskipun mereka pernah memimpin pasar. Lihat tabel berikut untuk mendapat kan gambaran bagaimana cepatnya berkembang standar peralatan wireless :

Protokol Tanggal Release Kecepatan Data 802.11 1997 < 1Mbps 802.11b 1999 5 Mbps 802.11g 2003 20 Mbps 802.11a 1999, tapi langka sampai 2005. 23 Mbps 802.11y Juni 2008 (estimasi) 23 Mbps 802.11n Juni 2009 (estimasi) 75 Mbps

Pahami akan adanya kemajuan dan perubahan yang cepat dari teknologi dan pikiran bagaimana dan kapan waktu yang baik untuk investasiulang menggunakan peralatan yang lebih baru dan lebih murah untuk membuat infrastruktur anda kompetitif dan up-to-date. Seperti disebut sebelumnya, sangat penting sekali anda menyimpan dana cukup untuk melakukannya bila diperlukan.

Saat anda telah mengenali dan memetakan biaya anda, anda juga sebaiknya memutuskan apa dan bagaimana cara mengenakan biaya untuk layanan anda. Ini adalah proses rumit dan memakan waktu untuk melakukan dengan benar. Ini Tip-tip kunci untuk menentukan harga:

  • Hitung harga yang anda kenakan dan apakah sudah menutupi semua biaya untuk menyediakan service itu, termasuk semua pengeluaran rutin.
  • Pelajari harga dari kompetitor anda.
  • Evaluasi apa yang pelanggan anda inginkan dan mereka bayar pada layanan anda, dan yakinkan bahwa harga anda sesuai dengan itu.

Sangat penting untuk membuat rencana keuangan sebelum memulai. Anda perlu daftar seluruh biaya awal dan biaya rutin dan membuat perhitungan untuk menentukan apakah proyek ini dapat berkelanjutan.




Pranala Menarik