WNDW: Mengarahkan antena pada hubungan jarak jauh

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Agar dapat secara baik mengarahkan antena pada jarak yang jauh, anda akan memerlukan semacam umpan balik visual yang memperlihatkan kepada anda daya yang diterima seketika itu pada input antena. Ini memungkinkan anda untuk melakukan perubahan kecil pada posisi antena sekaligus memperhatikan alat umpan balik, yang pada intinya berhenti ketika daya maksimum yang diterima sudah ditemukan.

Toolkit pengatur posisi antenna yang ideal terdiri dari signal generator dan spectrum analyzer, satu untuk masing-masing ujung sambungan. Dengan menghubungkan signal generator ke ujung sambungan dan spectrum analyzer ke ujung yang lainnya, anda dapat memantau daya yang diterima dan memperhatikan efek memindahkan antena ke berbagai posisi dalam waktu yang nyata. Ketika titik maksimum sudah ditemukan pada satu ujung sambungun point-to-point, generator dan analyzer dapat ditukar, dan ulangi proses untuk ujung lainnya.

Penggunaan signal generator lebih diminati daripada menggunakan kartu radio itu sendiri, sebab signal generator dapat membangkitkan sinyal carrier terus menerus. Kartu WiFi memancarkan banyak paket pendek, yang secara cepat menghidupkan dan mematikan pemancar. Ini bisa sangat sulit untuk ditemukan dengan spectrum analyzer, khususnya ketika beroperasi di daerah yang banyak noise / interferensi.

Harga signal generator dan spectrum analyzer yang terkalibrasi dan yang bekerja di 2,4 GHz (atau malah 5 GHz jika menggunakan 802.11a) jauh di luar anggaran kebanyakan proyek. Untungnya, ada sejumlah alat murah yang bisa dipakai sebagai gantinya.


Pranala Menarik