WNDW: Mengevaluasi Kekuatan dan Kelemahan dari Situasi Internal

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Sebuah jaringan hanya akan sebaik-baiknya orang yang bekerja dan mengoperasikannya. Tim yang anda bentuk akan menentukan keberhasilan dan kegagalan. Oleh karenanya sangat penting untuk melihat pada kualifikasi dan keterampilan tim, termasuk staf dan relawan, dibandingkan dengan kompetensi diperlukan untuk proyek nirkabel. Pertama, membuat daftar semua kompetensi diperlukan untuk agar proyek nirkabel berhasil. Diantara wilayah kemampuan yang harus dicakup adalah teknologi, sumber daya manusia, akuntansi, pemasaran, penjualan, negosiasi, hukum, dan operasi, Setelah itu, identifikasi sumber manusia daya lokal yang mampu memenuhi keterampilan ini. Petakan keterampilan tim anda untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan, identifikasi kesenjangan yang fatal.

Salah satu tool yang sering digunakan untuk membantu dengan evaluasi diri ini merupakan analisis kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threats), disebut SWOT. Untuk melakukan analisis ini, anda perlu menentukan kekuatan dan kelemahan internal, dan melihat kesempatan di luar maupun ancaman di komunitas anda. Penting untuk realistis dan jujur tentang apa yang anda lakukan dengan baik dan apa yang kurang. Pastikan untuk dapat membedakan dimana organisasi anda berawal dan dimana di masa depan. Kkuatan dan lemahan anda memungkinkan anda untuk mengevaluasi kapasitas anda secara internal dan lebih memahami apa yang dapat dilakukan oleh organisasi, serta keterbatasannya. Dengan pemahaman kekuatan dan kelemahan anda dan membandingkannya dengan pesaing Anda, Anda dapat menentukan keunggulan kompetitif di pasar. Anda juga dapat mencatat bidang dimana anda dapat tingkatkan. Peluang dan ancaman yang external, memungkinkan anda untuk menganalisa kondisi dunia nyata dan bagaimana kondisi ini mempengaruhi jaringan Anda.

Diagram di bawah ini akan membantu Anda dalam membuat SWOT anda sendiri untuk menganalisis organisasi Anda. Jangan lupa untuk menanggapi pertanyaan yang diajukan dan buatlah daftar kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di tempat yang dituju.



Kekuatan Kelemahan Apa yang anda lakukan dengan baik? Apkah sumber daya unik yang dapat anda lakukan? Apakah yang akan dilihat orang lain sebagai kekuatan? Apakah anda menjadi lebih baik? Dimana anda memiliki sumber daya lebih sedikit dibandingkan yang lain? Apakah yang akan dilihat orang lain sebagai kelemahan? Peluang Ancaman Apakah peluang yang baik terbuka untuk anda? Trend apa yang dapat anda ambil manfaatnya? Bagaimana anda dapat mengubah kekuatan anda menjadi peluang? Trend apa yang akan merugikan anda? Apa yang dilakukan oleh pesaing anda? Ancaman apa yang mengancam kelemahan ada?


Pranala Menarik