WNDW: Menjadikan semua menjadi satu kesatuan

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Setelah anda mengumpulkan semua informasi, anda siap untuk menyatukan semuanya dan memutuskan model terbaik untuk jaringan nirkabel komunitas anda. Berdasarkan hasil dari analisa internal dan eksternal, anda harus memperyajam misi dan layanan kepada pelanggan. Semua faktor yang anda teliti di langkah sebelumnya semua memainkan peran yang penting untuk menentukan strategi secara keseluruhan. Sangat penting untuk menggunakan model yang merealisasi peluang dan bekerja adalam batasan lingkungan setempat. Untuk melakukan ini, anda harus menemukan solusi inovatif untuk mencapai kesinambungan. Dengan mempelajari beberapa contoh dan mendiskusikan komponen dari model yang diimplementasikan pada contoh tersebut, sebaiknya anda memahami bagaimana untuk mencapai pada suatu model yang tepat.

Di hutan Republik Demokratik Kongo, terdapat rumah sakit pedesaan di sebuah desa bernama Vanga di provinsi Bandundu. Rumah sakit ini demikian jauh sehingga pasien harus berjalan beberapa minggu menuju ke sana melalui kombinasi perjalanan kaki dan sungai. Desa ini, yang didirikan oleh misionaris Baptis di tahun 1904, yang membaktikan diri sebagai rumah sakit selama bertahun-tahun. Walaupun sangat jauh, rumah sakit tersebut terkenal sebagai sebuah fasilitas yang sangat baik dan telah memiliki dukungan misionaris Jerman dan Amerika yang telah memastikan fasilitas ini agar dapat beroperasi. Pada tahun 2004, proyek yang disponsori oleh USAID didirikan sebuah telecenter di desa ini untuk membantu meningkatkan pendidikan di masyarakat terisolasi ini; fasilitas Internet ini banyak digunakan oleh kalangan berpendidikan di komunitas – staff rumah sakit. WARNET telah memberikan keuntungan besar kepada masyarakat, menawarkan akses ke dunia pengetahuan dan bahkan memungkinkan konsultasi dengan rekan jauh di Swiss, Prancis dan Kanada. WARNET memerlukan subsidi hampir total untuk beroperasi dan menutup biaya, dan pendanaan akan berakhir di tahun 2006. Walaupun WARNET mempunyai banyak manfaat untuk komunitas, mereka memiliki beberapa kekurangan, terutama kemampuan teknis, ekonomi, dan isu politik yang membatasi kesinambungannya. Sebuah studi dilakukan untuk mempertimbangkan pilihan untuk masa depan. Setelah meninjau struktur biaya WARNET, maka ditetapkan bahwa diperlukan untuk memotong biaya dan mencari cara baru untuk meningkatkan pendapatan. Pengeluaran terbesar adalah listrik dan akses Internet; karena itu, dibutuhkan membuat model kreatif untuk mengurangi biaya WARNET dan menyediakan akses Internet melalui cara yang lebih berkesinambungan.

Gambar 10.1: Berbagi Internet Melalui nirkabel

Dalam contoh ini, VSAT tradisional yang digunakan untuk sambungan ke Internet. Namun, model ini memberikan cara yang unik untuk menampung group komunitas lokal yang mempunyai kemampuan terbatas dalam membayar layanan Internet. Berbagai organisasi di komunitas berbagi berbagi akses Internet melalui jaringan nirkabel; mereka juga berbagi biaya yang terkait dengan sambungan ke Internet. Model ini bekerja dengan baik karena kondisi yang spesifik - yaitu adanya kesadaran dan pemahaman nilai dari Internet pada anggota kunci komunitas, sebuah sumber daya yang penting untuk mendukung akses Internet, dan sistem peraturan yang mengijinkan berbagi menggunakan nirkabel. Di Vanga, beberapa organisasi, termasuk rumah sakit, apotik, beberapa kelompok misionari, pusat sumber daya komunitas, dan beberapa organisasi nirlaba, memiliki kebutuhan untuk akses Internet dan mau membayarnya. Kondisi ini memungkinkan jaringan antar organisasi untuk memiliki kualitas yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah. Selain itu, salah satu organisasi di desa mempunyai kemampuan dan keinginan untuk mengelola beberapa aspek operasi jaringan, termasuk billing dan pemungutan pembayaran, teknis pemeliharaan dan operasi bisnis dari seluruh jaringan. Oleh karena itu, model ini berfungsi baik dalam Vanga karena telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan penggunaan sumber daya ekonomi lokal.

Gambar 10.2: Akses Point DakNet yang berjalan / mobile

Contoh lain dari model diadaptasi agar sesuai dengan konteks lokal adalah Solusi Kilometer Pertama dari DakNet. Model ini telah dioperasikan di desa-desa di India, Kamboja, Rwanda, dan Paraguay. Dengan mempertimbangkan daya beli yang terbatas dari penduduk desa, model ini memenuhi kebutuhan komunikasi mereka dengan cara yang innovatif. Dalam model DakNet, ada sebuah franchise yang telah ada di negara tersebut, dan pengusaha lokal direkrut dan dilatih untuk beroperasi kios dilengkapi dengan antena Wi-Fi. Menggunakan kartu pra-bayar, penduduk desa dapat secara asinkron mengirim dan menerima email, teks, dan voice mail, melakukan pencarian Web, dan berpartisipasi dalam e-commerce. Setelah itu, komunikasi ini di simpan di server lokal di kios. Ketika sebuah bis atau sepeda motor dengan akses point melalui kios, kendaraan tersebut secara otomatis menerima data yang di simpan di kios dan memberikan kepada kios semua data yang masuk. Setelah kendaraan mencapai sebuah hub dengan sambungan internet, dia akan memproses semua permintaan, relay email, pesan, dan berbagi file.

DakNet mengintegrasikanakses mobile internet dan model franchise untuk memberikan manfaat kepada desa terpencil. Agar model tersebut dapat berkelanjutan, harus ada beberapa kondisi kunci. Pertama, harus ada organisasi yang membeli franchise untuk memberikan dukungan keuangan dan kelembagaan, termasuk investasi awal, modal kerja untuk biaya rutin, nasihat pada perusahaan baru, pelatihan manajemen, standarisasi proses, mekanisme pelaporan, dan tool pemasaran. Di samping itu, , model ini memerlukan orang desa yang bermotivasi tinggi dan dinamis, dengan ketrampilan yang cocok untuk memanage bisnis dan kemauan untuk menerima beberapa persyaratan dari organisasi franchise. Karena pengusaha biasanya akan diminta untuk mengalokasikan sumber daya mereka untuk biaya awal, mereka harus memiliki akses yang memadai ke sumber daya keuangan. Terakhir, untuk memastikan model ini akan berkesinambungan, seharusnya ada cukup permintaan untuk informasi dan komunikasi dan beberapa pesaing di komunitas.


Pranala Menarik