WNDW: Menyatukan Semua

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
Gambar 3.13: jaringan internet. Setiap segmen jaringan memiliki sebuah router dengan dua alamat IP, menjadikannya "sambungan lokal" ke dua jaringan yang berbeda. Paket diteruskan antara router hingga mencapai tujuan akhir mereka.

Setelah semua node memiliki alamat IP, mereka dapat mengirim paket data ke alamat IP lain node lain. Melalui penggunaan routing dan forwarding, paket ini dapat mencapai node pada jaringan yang secara fisik tidak terhubung ke node berasal. Proses ini menjelaskan banyak dari apa yang "terjadi" di Internet.

Dalam contoh ini, Anda dapat melihat jalur yang diambil pake saat Alice chatting dengan Bob menggunakan layanan Instan Messaging. Setiap garis titik-titik mewakili kabel Ethernet, sambungan wireless, atau fisik jaringan lainnya. Awan adalah simbol yang umum digunakan untuk "Internet", dan mewakili banyak jaringan IP yang saling tersambung. Alice atau Bob tidak perlu khawatir dengan bagaimana jaringan yang beroperasi, sepanjang router melalukan trafik IP ke arah tujuan akhir. Jika bukan karena protokol Internet dan kerjasama dari semua orang di internet, komunikasi jenis ini tidak mungkin dilakukan.


Pranala Menarik