WNDW: Menyediakan daya

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Secara nyata, daya DC dapat disediakan dengan secara sederhana melubangi penutup anda dan memasukan kabel. Jika penutup anda cukup besar (katakanlah, sebuah kotak listrik luar ruang) anda bahkan dapat menyambungkan outlet AC di dalam kotak. Saat ini pabrik mulai semakin mendukung fitur yang sangat membantu untuk menghilangkan lubang tambahan di kotak dengan menggunakan: Daya melalui Ethernet atau Power over Ethernet (POE).

Standar 802.3af mendefinisikan sebuah metode untuk menyediakan daya ke alat yang menggunakan pasangan kabel yang tak terpakai pada kabel Ethernet standar. Daya hampir sebanyak 13 Watt dapat disediakan secara aman pada kabel CAT5 tanpa mengganggu pengiriman data melalui kawat yang sama. Switch Ethernet yang sesuai dengan 802.3af yang lebih baru (dinamakan penyuntik jengkal akhir atau end span injectors) menyediakan daya secara langsung ke alat yang dihubungkan. Switch dengan penyuntik jengkal akhir dapat menyediakan daya pada kawat yang sama yang dipakai untuk data (pasangan 1- 2 dan 3-6) atau pada kawat yang tak terpakai (pasangan 4-5 dan 7-8). Peralatan lain, dinamakan penyuntik jengkal tengah, dimasukkan antara switch Ethernet dan alat yang dihidupkan. Penyuntik ini menyediakan daya pada pasangan kabel yang tak terpakai.

Jika router nirkabel anda atau CPE termasuk dukungan untuk 802.3af, anda secara teoritis dapat secara langsung menghubungkannya ke penyuntik. Sayangnya, beberapa pabrik (khususnya Cisco) memiliki polaritas daya yang tidak sama, dan menghubungkannya dapat merusak penyuntik dan peralatan yang ingin dihidupkan. Bacalah petunjuk yang ada dan pastikan bahwa penyuntik dan peralatan nirkabel anda sesuai dengan pin dan polaritas yang dapat digunakan untuk daya.

Jika peralatan nirkabel anda tidak menyangga daya melalui Ethernet, anda masih dapat menggunakan pasangan yang tak terpakai dalam kabel CAT5 untuk meneruskan daya. Anda dapat menggunakan baik penyuntik POE pasif (passive POE injector) atau secara sederhana membuat satu sendiri. Alat-alat ini secara manual menghubungkan daya DC ke kawat yang tak terpakai pada satu akhir kabel, dan menghubungkan akhir yang lain secara langsung ke konektor barrel yang dimasukkan ke dalam mata daya alatnya. Pasangan alat POE pasif biasanya bisa dibeli di bawah $20.

Untuk membuat alat anda sendiri, anda perlu mengetahui seberapa banyak daya yang diperlukan alat tersebut agar dapat beroperasi dan menyediakan sedikitnya arus dan tegangan yang cukup, ditambah tegangan secukupnya untuk menutupi kehilangan pada berjalannya Ethernet. Anda tidak ingin menyediakan terlalu banyak daya, karena hambatan kabel kecil dapat menimbulkan bahaya api. Berikut ini adalah kalkulator online yang akan membantu anda memperhitungkan penurunan tegangan untuk sebuah CAT5: http://www.gweep.net/~sfoskett/tech/poecalc.html.

Setelah anda mengetahui polaritas listrik dan daya yang pas yang dibutuhkan untuk menjalankan peralatan nirkabel anda, crimp-lah kabel CAT5 yang hanya menggunakan kawat data (pasangan 1-2 dan 3-6). Lalu secara mudah sambungkan transformer ke pasangan 4-5 (biasanya biru/ biru-keputihan) dan 7-8 (coklat/ coklat-keputihan) pada satu ujung, dan sebuah konektor barrel yang cocok pada ujung yang satunya.


Pranala Menarik