WNDW: Penutup kedap air

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Penutup kedap air tersedia dalam berbagai banyak jenis. Logam atau plastik dapat digunakan untuk membuat sebuah kontainer kedap air untuk peralatan luar ruang. Tentu saja, peralatan memerlukan daya agar dapat berkerja, dan sepertinya harus terhubung dengan antena dan kabel Ethernet. Setiap kali anda melubangi penutup kedap air, anda menciptakan potensi masuknya air ke dalam peralatan tersebut.

Asosasi Pengusaha Pabrik Listrik Nasional atau National Electrical Manufacturers Association (NEMA) menyediakan petunjuk untuk perlindungan peralatan listrik dari hujan, es, debu, dan kontaminan lainnya. Sebuah penutup dengan penilaian NEMA 3 atau lebih baik cocok untuk penggunaan luar ruang dalam kondisi iklim yang cukup baik. Sebuah NEMA 4X atau NEMA 6 memberikan perlindungan yang sempurna, bahkan dari semprotan air selang dan es. Untuk sesuatu yang permanen yang melubangi tubuh penutup (seperti kabel gland dan konektor berkepala besar), Komisi Teknik-eletronika Internasional atau International Electrotechnical Comission (IEC) memberikan penilaian perlindungan penetrasi (ingress).

Sebuah penilaian perlindungan penetrasi IP66 atau IP67 akan melindungi lubang-lubang ini dari semburan air yang sangat kuat. Sebuah penutup luar ruang yang baik juga harus menyediakan perlindungan UV untuk mencegah kehancuran penyekat dari kontak matahari, serta untuk melindungi peralatan yang ada di dalam.

Tentunya, mencari penutup berperingkat NEMA atau IEC bisa akan sangat sulit di daerah lokal anda. Sering kali, bagian-bagian yang tersedia secara lokal dapat didaur ulang untuk digunakan sebagai penutup. Plastik kasar atau kotak logam penyembur air, kotak saluran listrik, atau bahkan kontainer makanan plastik dapat digunakan jika memang diperlukan. Ketika melubangi penutup, gunakan cincin karet atau o-ring yang berkualitas bersamaan dengan kabel gland untuk menyekat bagian yang terbuka. Salep silikon yang stabil terhadap UV atau penyekat lainnya dapat digunakan untuk instalasi sementara, namun ingatlah bahwa kabel melentur dalam angin, dan sendi-sendi yang dilem akhirnya akan melemah dan menyebabkan embun untuk merembes masuk.

Anda dapat memperpanjang umur penutup plastik dengan menyediakan suatu perlindungan dari matahari. Meletakan kotak di tempat teduh, baik di bawah peralatan yang ada, panel solar, atau lembaran tipis logam yang diperuntukan untuk tujuan ini, akan memperpanjang umur kotak serta peralatan yang tersimpan di dalamnya.

Sebelum meletakan bagian eletronika apapun ke dalam kotak yang disekat, pastikan adanya keperluan pembuangan panas yang minimal. Jika motherboard anda memerlukan sebuah fan atau pembuangan panas yang besar, ingatlah bahwa tidak akan ada aliran udara, dan peralatan eletronika anda akan terpanggang hingga tidak berfungsi pada menara. Hanya gunakan komponen eletronika yang di desain untuk digunakan dalam lingkungan tertutup.



Pranala Menarik