WNDW: Perlindungan petir profesional

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
Gambar 5.2: menara dengan sebuah kawat tembaga besar yang menghubungkan ke tanah

Petir adalah predator alami peralatan nirkabel. Ada dua cara berbeda petir bisa menyambar atau merusak peralatan: sambaran langsung atau induksi. Sambaran langsung terjadi saat petir mengenai menara atau antena. Induksi disebabkan kalau petir yang menyambar di dekat menara. Bayangkan petir yang membawa banyak muatan listrik negatif. Karena muatan listrik yang sama akan saling tolak menolak, petir akan membuat elektron di kabel berpindah saat terjadi sambaran, hal ini menciptakan arus listrik di atas kawat. Arus listrik sangat mungkin cukup besar di luar kapasitas peralatan radio tersebut. Salah satu dari kedua jenis sambaran ini biasanya akan menghancurkan perlengkapan yang tak terlindungi.

Melindungi jaringan nirkabel dari petir bukan ilmu pasti, dan tidak ada jaminan bahwa sambaran petir tidak akan terjadi, sekalipun setiap tindakan pencegahan telah diambil. Banyak metode yang sudah digunakan akan membantu mencegah baik sambaran langsung maupun induksi. Memang kita tidak perlu mengimplementasikan semua metode perlindungan petir, semakin banyak metode perlindungan yang digunakan semakin baik peralatan terlindungi. Perkiraan banyaknya petir yang ada di suatu daerah akan menjadi pemandu seberapa banyak pekerjaan yang perlu dilakukan.

Mulai dari bagian terbawah menara. Ingat, dasar menara berada di bawah tanah. Sesudah fondasi menara terpasang, namun sebelum lubang diisi, sebuah lingkaran kawat besar berulir penghubung tanah sebaiknya dipasang dengan timbal memanjang di atas permukaan tanah berhadapan dengan dekat kaki menara. Kawat yang digunakan sebaiknya adalah American Wire Gauge (AWG) #4 atau lebih tebal. Sebagai tambahan, penghubung tanah atau tangkai cadangan sebaiknya dimasukan ke dalam tanah, dan sebuah kawat penghubung tanah tersambung dari tangkai ke timbal pada tungkai ulir yang dipendam.

Penting untuk diperhatikan adalah bahwa tidak semua baja mengkonduksikan listrik dengan cara yang sama. Beberapa baja bertindak sebagai konduktor listrik yang lebih baik daripada yang lainnya, dan lapisan permukaan yang berbeda juga bisa mempengaruhi bagaimana baja menara menangani listrik. Baja tahan karat adalah salah satu di antara konduktor yang paling jelek, dan lapisan tahan karat seperti penguat atau cat mengurangi kondutivitas baja. Atas alasan ini, sehelai kawat penghubung tanah berulit dipasang dari dasar menara hingga ke atas. Bagian dasar perlu disambungkan dengan baik ke timbal ada di ulir maupun dari tangkai cadangan penghubung tanah. Puncak menara sebaiknya tersambung tangkai petir, dan puncak penangkal petir harus tajam. Semakin runcing dan tajam puncaknya, semakin efektif tangkai tersebut. Kawat ulir penghubung tanah dari dasar perlu diakhiri di tangkai penghubung tanah. Sangat penting untuk memastikan bahwa kawat penghubung tanah dihubungkan dengan logam sebenarnya. Lapisan apapun, seperti cat, harus disingkirkan sebelum kawat disambungkan. Ketika hubungan sudah dibuat, bagian terbuka bisa dicat ulang, menutupi kawat dan konektor jika perlu untuk melindungi menara dari karat dan korosi lainnya.

Solusi di atas memperinci instalasi sistem grounding yang mendasar. Solusi ini menyediakan perlindungan untuk menara itu sendiri dari sambaran langsung, dan memasang sistem dasar yang berhubungan dengan peralatan apapun. Perlindungan ideal untuk induksi dari sambaran petir adalah arrestor tabung gas di kedua akhir kabel. Arrestors ini perlu dihubungkan langsung ke kawat penghubung tanah yang terpasang di menara jika arrestor itu berada di ujung yang tinggi. Bagian dasar harus dihubungkan ke sesuatu yang aman untuk listrik, seperti pelat ground atau sebuah pipa tembaga yang secara konsisten berisi penuh air. Penting untuk memastikan bahwa arrestor petir dibuat tahan cuaca. Banyak arresters untuk kabel coax dibuat tahan cuaca, sedangkan banyak arresters untuk CAT5 kabel tidak.

Saat arrestor gas tidak digunakan, dan pengkabelan berbasis coax, maka menyambungkan ujung dari pelindung kabel coax ke instalasi kabel ground di tower akan menyediakan perlindungan. Ini dapat menyediakan jalan untuk arus induksi, dan jika charge cukup lemah, charge tersebut tidak akan mempengaruhi kawat konduktor kabel. Metode ini tidak sebaik perlindungan gas arrestors, tetapi metode ini lebih baik daripada tidak ada sama sekali.


Pranala Menarik