WNDW: Pertimbangan peletakan

From OnnoWiki
Jump to: navigation, search

Dalam banyak kasus, peralatan dapat diletakan di dalam gedung, dengan syarat ada jendela dengan kaca biasa yang bisa dilalui oleh cahaya. Kaca normal akan menyebabkan sedikit atenuasi, tetapi kaca berwarna akan menyebabkan atenuasi yang tidak dapat ditoleransikan. Ini sangat menyederhanakan permasalahan peletakan, daya, dan tahan cuaca, tetapi secara nyata hanya berguna di daerah yang didiami penduduk.

Ketika meletakkan antena pada menara, sangat penting untuk menggunakan stand-off bracket (penopang siku yang dapat berdiri sendiri), dan tidak meletakkan antena secara langsung pada menara. Penopang siku ini membantu dengan banyak fungsi termasuk pemisahan antena, pemosisian antena dan perlindungan antena.

Gambar 8.1: Sebuah antena dengan stand-off bracket sedang diangkat ke atas menara

Stand-off bracket harus cukup kuat untuk menopang bobot antena, dan juga menjaga agar antena tetap pada letaknya ketika ada angin. Ingatlah, antena dapat beraksi seperti layar kecil, dan dapat menimbulkan gaya yang kuat pada sandaran mereka ketika ada angin kuat. Ketika memperkirakan hambatan angin, luas total permukaan struktur antena harus dipertimbangkan, serta jarak dari pusat antena sampai titik sambungan ke gedung. Antena besar seperti parabola utuh atau panel sektoral dengan gain yang tinggi dapat mempunyai beban angin yang cukup besar. Menggunakan sebuah parabola slotted atau mesh, daripada parabola utuh, akan membantu mengurangi beban angin tanpa banyak mempengaruhi gain antena. Pastikan bahwa siku-siku sandaran dan struktur pendukung terpasang secara kokoh, atau posisi/arah antena anda akan berubah seiring berjalannya waktu (atau lebih parah lagi, semuanya jatuh dari menara!)

Bracket sandaran antenna harus cukup jauh dari tower untuk memudahkan pembidikan antenna, tapi tidak terlalu jauh sehingga antenna sukar untuk di jangkau jika dibutuhkan perbaikan atau pemeliharaan.

Pipa pada stand-off bracket dimana antena akan dipasang harus berbentuk silinder. Dengan cara ini, antena dapat diputar pada pipa untuk pembidikan. Kedua, pipa juga harus vertikal. Jika diletakkan pada menara yang meruncing, siku-siku tersebut harus didesain agar dapat bisa dipasang pada menara ini. Ini bisa dilakukan dengan memakai baja dengan panjang berbeda, atau dengan menggunakan kombinasi tangkai berulir dan pelat baja.

Karena peralatan tersebut akan berada diluar selama umur kegunaannya, adalah penting untuk memastikan bahwa baja yang digunakan tahan cuaca. Baja tahan karat seringkali terlalu mahal untuk instalasi menara. Penguatan yang sangat baik (Hot galvanizing) akan lebih baik, tetapi mungkin tidak tersedia di beberapa daerah. Pengecatan semua baja dengan cat anti-karat yang baik juga bisa. Jika menggunakan cat, maka penting untuk merencanakan pemeriksaan tahunan bracket dan melakukan pengecatan ulang jika perlu.


Pranala Menarik[edit]