WNDW: Riset tentang Regulasi Wireless

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Regulasi pada Wireless juga tergantung pada model bisnis yang dapat diimplementasikan. Pertama, telitilah apakah semua organisasi dapat menggunakan frekwensi 2,4 GHz tanpa izin. Dalam banyak situasi, 2.4 GHz bebas digunakan di seluruh dunia, namun beberapa negara membatasi siapa yang dapat mengoperasikan jaringan atau memberi ijin yang sangat mahal pada mereka yang membutuhkan.

Meskipun Jaringan Wireless di Ukraina adalah legal, pemerintah meminta lisensi yang mahal untuk penggunaan 2.4GHz, hal ini menyebabkan pemakaian bersama menjadi sulit. Biasanya hanya Internet Service Provider yang mapan di negara itu yang mempunyai uang yang cukup untuk membayar lisensi yang mahal tersebut. Pembatasan ini membuat susah bagi masyarakat kecil untuk membagi jaringan wireless mereka kepada organisasi maupun mitra-mitra yang potensial. Di negara lain, seperti Repulik Mali, lebih mengijinkan, karena tidak ada larangan atau batasan pada jaringan wireless mereka. Kemungkinan untuk membagi sambungan Internet ke komunitas kecil menjadi solusi yang memungkinkan. Pelajaran ini menggaris bawahi perlunya riset yang mendalam, yakinkan jaringan anda susah sesuai dengan hukum di negara itu dan di masyarakat lokalnya. Beberapa manajer proyek telah dipaksa untuk mematikan jaringan wireless mereka karena mereka tidak mengetahui tentang hukum yang berlaku di sana.

Anda juga harus mencek legalitas dari layanan VOIP (Voice over Internet Protocol). Beberapa negara di negara berkembang belum mndefinisikan apakah VOIP di izinkan. Bagaimanapun di beberapa negara ada aturan yang sangat rumit seputar VOIP. Misal di Syria, VOIP di larang untuk semua jaringan tidak hanya wireless, di Ukraina, VOIP legal hanya untuk panggilan Internasional.


Pranala Menarik