WNDW: Solusi Komersial vs. DIY

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Proyek jaringan anda pastinya akan terdiri dari komponen yang dibeli dari vendor serta komponen yang didapatkan atau malah dibuat secara lokal. Ini adalah kenyataan ekonomi yang mendasar di banyak daerah di dunia. Di tahap ini dari teknologi manusia, distribusi informasi secara global lebih jelas dibandingkan dengan distribusi global barang-barang. Di banyak daerah, impor komponen yang diperlukan untuk membuat jaringan sangatlah mahal bagi kebanyakan orang kecuali yang mempunyai anggaran paling besar. Anda dapat menghemat dengan mencari sumber lokal untuk komponen yang di perlukan dan tenaga kerja, dan hanya mengimpor komponen yang harus dibeli. Tentu saja, ada batas sampai sejauh apa kerjaan yang dapat dilakukan oleh individu atau kelompok yang mana pun dalam jumlah waktu yang diberikan. Dalam kata lain, dengan mengimpor teknologi, anda dapat menukar uang untuk perlengkapan yang bisa memecahkan masalah tertentu dalam waktu yang relatif pendek. Seni membuat prasarana telekomunikasi lokal adalah mencari keseimbangan yang tepat antara uang terhadap usaha yang perlu dikeluarkan untuk memecahkan masalah yang ada.

Beberapa komponen, seperti card radio dan feed line antena, mungkin jauh terlalu kompleks untuk dipertimbangkan sebagai sesuatu dapat diproduksi secara lokal. Komponen lainnya, seperti antena dan menara, relatif sederhana dan bisa dibuat secara lokal dengan biaya yang kecil dibandingkan dengan biaya pengimporan. Antara kedua ekstrem ini terletak alat komunikasi itu sendiri. Dengan menggunakan card radio, motherboard, dan komponen lain yang ada di pasaran, anda dapat membuat alat yang menyediakan fitur hampir sama (atau bahkan lebih baik dari) dengan kebanyakan implementasi komersial. Menggabungkan platform perangkat keras terbuka dengan perangkat halus open source bisa menghasilkan dampak yang luar biasa dengan menghasilkan solusi yang dapat di kustomisasi, kuat untuk biaya yang sangat rendah.

Ini tidak bermaksud mengatakan bahwa peralatan komersial tidak baik dibandingkan solusi yang anda buat sendiri. Dengan menyediakan apa yang dinamakan “turn-key-solution”, vendor tak hanya menghemat waktu pengembangan, tetapi mereka juga bisa memungkinkan orang yang relatif tak berketrampilan untuk memasang dan memelihara peralatan. Kekuatan utama solusi komersial adalah bahwa mereka menyediakan bantuan dan garansi peralatan (yang biasanya terbatas). Mereka juga menyediakan platform yang konsisten yang cenderung mengarah pada instalasi jaringan yang stabil, dan dapat dengan mudah di pertukarkan.

Jika sebuah peralatan idak bekerja atau sulit dikonfigurasi atau di-troubleshoot, vendor yang baik akan membantu anda. Jika peralatan tidak berfungsi dalam keadaan normal (kecuali kerusakan ekstrim, seperti tersambar petir), maka vendor biasanya akan menggantinya. Kebanyakan yang akan menyediakan jasa ini untuk waktu terbatas sebagai bagian dari harga beli, dan banyak yang menawarkan bantuan dan garansi selama periode panjang dengan biaya bulanan. Dengan menyediakan platform yang konsisten, sangat mudah untuk menyimpan cadangan dan dengan sederhana “menukar” peralatan yang gagal, tanpa diperlukannya seorang teknisi untuk menkonfigurasi peralatan di tempat. Tentu saja, semuanya ini datang dengan biaya awal yang relatif lebih tinggi dibandingkan komponen peralatan yang tidak tersedia di pasaran.

Dari sudut pandang seorang arsitek jaringan, tiga risiko terbesar yang tersembunyi ketika memilih pemecahan komersial adalah ketergantungan vendor, produk yang tidak diproduksi lagi, dan biaya lisensi yang terus-menerus bertambah.

Bisa sangat mahal untuk membiarkan “fitur” baru yang tidak jelas mengendalikan pengembangan jaringan anda. Vendor sering kali akan menyediakan fitur yang bertentangan dengan kompetisi mereka berdasarkan desain, dan kemudian mengeluarkan sebagai bahan promosi untuk meyakinkan anda bahwa anda tidak bisa hidup tanpa mereka (terlepas apakah fitur tersebut sebenarnya berkontribusi ke solusi untuk problem komunikasi anda). Sewaktu anda mulai bergantung pada fitur-fitur ini, anda mungkin akan memutuskan terus membeli peralatan dari vendor yang sama di masa mendatang. Ini adalah intisari ketergantungan vendor. Jika lembaga besar menggunakan peralatan berpaten dalam jumlah besar, tak mungkin mereka dengan mudah meninggalkannya untuk memakai vendor yang berbeda. Tim penjualan memahami ini (dan memang, beberapa mengandalkannya) dan menggunakan ketergantungan vendor ini sebagai strategi untuk perundingan harga.

Kalau dikombinasikan dengan ketergantungan vendor, sebuah vendor akhirnya mungkin memutuskan menghentikan lini produk, walaupun produk tersebut populer. Ini menjamin bahwa pelanggan, yang sudah tergantung pada fitur proprietary vendor, akan membeli model yang paling baru (dan hampir yang selalu lebih mahal). Efek jangka panjang ketergantungan vendor pada produk yang dihentikan sulit diperkirakan pada saat merencanakan proyek jaringan, tetapi sebaiknya diingat.

Akhirnya, jika sebuah bagian khusus peralatan menggunakan software proprietary, anda mungkin perlu membayar lisensi penggunaan kode tersebut secara terus-menerus. Biaya lisensi ini mungkin berubah-ubah menurut fitur yang disediakan, jumlah pengguna, kecepatan sambungan, atau faktor lainnya. Jika biaya lisensi tidak dibayar, beberapa peralatan didesain untuk berhenti berfungsi sampai sebuah lisensi yang sah dan sudah dibayar! Pastikan bahwa anda memahami syarat-syarat penggunaan peralatan yang anda beli, termasuk diantaranya adalah biaya lisensi yang muncul.

Dengan memakai peralatan yang mendukung standar terbuka dan perangkat lunak open source, anda dapat menghindari beberapa perangkap ini. Misalnya, sangatlah sulit untuk tergantung pada vendor yang menggunakan protokol terbuka (seperti TCP/IP melalui 802.11a/b/g). Jika anda menemukan masalah dengan peralatan atau vendornya, anda selalu dapat membeli peralatan dari vendor yang berbeda tapi tetap dapat beroperasi dengan peralatan yang sudah ada. Karena alasan ini kami anjurkan menggunakan protokol proprietari dan spektrum berlisensi hanya dalam kasus di mana penggunaan peralatan terbuka (seperti 802.11a/b/g) secara teknis tidak mungkin.

Demikian juga, sementara produk selalu bisa dihentikan produksinya kapan saja, anda bisa membatasi dampak yang ditimbulkan terhadap jaringan anda dengan menggunakan komponen generik. Misalnya, sebuah motherboard tertentu mungkin menjadi tak yang ada lagi di pasar, tetapi anda mungkin mempunyai sejumlah motherboard PC yang tersedia yang dapat berfungi secara efektif untuk keperluan yang sama. Kita akan melihat beberapa contoh bagaimana caranya mempergunakan komponen umum ini untuk membuat node nirkabel yang lengkap nanti di bab ini. Tentu saja, tidak ada biaya lisensi yang terkait dengan perangkat lunak open source (dengan pengecualian vendor yang menyediakan bantuan lebih atau suatu jasa lain, tanpa adanya biaya untuk penggunaan perangkat lunak itu sendiri). Sekali-sekali memang ada vendor yang mengkapitalisasi sumber gratis yang sudah diberikan kepada dunia oleh pemrogram open source untuk penjualan berlisensi secara terus menerus, sehingga melanggar syarat-syarat distribusi yang sudah diatur oleh pencipta aslinya. Lebih bijaksana untuk menghindari vendor seperti itu, dan untuk waspada terhadap klaim “free software” yang tersedia dengan biaya lisensi.

Kerugian dari menggunakan software open source dan hardware generik adalah masalah dukungan / support. Sewaktu timbul masalah di jaringan, anda perlu memecahkan masalah itu sendiri. Ini sering diselesaikan dengan berkonsultasi pada sumber online dan mesin pencari yang gratis, dan mengaplikasikan patch untuk software secara langsung. Jika anda tidak mempunyai anggota tim yang kompeten dan berdedikasi untuk mendesain solusi atas masalah komunikasi anda, maka bisa diperlukan cukup banyak waktu untuk memulai proyek jaringan. Tentu saja, tidak pernah ada jaminan bahwa dengan “melempar uang kepada masalah” akan memecahkan masalah. Sementara kami menyediakan banyak contoh bagaimana cara untuk mengerjakan sebagian besar kerjaan sendiri, anda mungkin merasa pekerjaan ini sangat menantang. Anda akan perlu menemukan keseimbangan antara solusi komersial dan apa yang anda bisa lakukan sendiri untuk proyek.

Pendek kata, selalu cari tahu scope jaringan anda terlebih dulu, kenali sumber yang anda dapat gunakan untuk memecahkan masalah, dan biarkan seleksi peralatan secara alami muncul sebagai hasilnya. Pertimbangkan solusi komersial serta komponen terbuka, sekaligus mengingat biaya jangka panjang untuk keduanya. Saat mempertimbangkan perlengkapan mana yang akan digunakan, selalu ingat untuk membandingkan jarak jangkau yang diharapkan, ketahanan, dan throughput, disamping harganya. Pastikan untuk memperhitungkan biaya lisensi apapun pada saat memperhitungkan biaya keseluruhan peralatan. Dan akhirnya, pastikan bahwa radio yang anda beli beroperasi di pita yang tak berlisensi di mana anda memasang radio tersebut, atau jika anda harus menggunakan spektrum berlisensi, bahwa anda mempunyai anggaran dan izin untuk membayar lisensi yang sesuai.


Pranala Menarik