WNDW: Stabiliator & regulator daya

From OnnoWiki
Jump to: navigation, search

Ada banyak merek stabilisator daya, tetapi kebanyakan adalah digital atau mekanis-elektro. Yang terakhir jauh lebih murah dan lebih biasa. Stabiliator mekanis-elektro menerima daya di 220V, 240V, atau 110V dan menggunakan energi itu untuk menjalankan motor, yang selalu menghasilkan tegangan yang diinginkan (biasanya 220V). Ini biasanya efektif, namun satuan-satuan ini menawarkan perlindungan yang sedikit dari kilat ataupun sentakan listrik lainnya. Mereka seringkali terbakar setelah satu sambaran saja. Setelah terbakar, mereka sebetulnya terpatri pada tegangan output tertentu (yang biasanya salah).

Regulator digital mengatur daya menggunakan hambatan dan komponen elektronik lainnya. Mereka lebih mahal, tetapi tidak terlalu rentan terhadap kebakaran.

Sebisa mungkin, gunakan regulator digital. Mereka sepadan nilainya dengan biaya tambahan, dan akan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk sisa peralatan anda. Pastikan untuk memeriksa semua komponen sistem daya anda (termasuk stabiliator) setelah terjadinya kilat.


Pranala Menarik[edit]