WNDW: Studi kasus: Chilesincables.org

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Teknologi pengiriman data nirkabel terbaru memungkinkan pembuatan jaringan berkecepatan tinggi, secara geografis terpisah dengan biaya yang relatif rendah. Jika jaringan ini di bangun dengan ode menghilangkan halangan untuk akses data, kita dapat mengatakan jaringan ini adalah free network. Jaringan tersebut akan dapat membawa manfaat besar untuk setiap pengguna, mereka independen dari politik, ekonomi, maupun kondisi sosial. Jenis jaringan ini merupakan tantangan secara langsung kepada model jaringan komersial yang banyak mengkungkung masyarakat barat modern.

Agar free network dapat berkembang, teknologi nirkabel harus disesuaikan dan dimasukkan kemungkinan penggunaan yang terbaik. Hal ini dilakukan oleh kelompok hacker yang melakukan penelitian, investigasi, pembangunan dan pelaksanaan proyek, serta mengijinkan semua orang untuk mengakses pengetahuan yang di peroleh secara bebas.

Chilesincables.org berupaya untuk dapat promosikan dan mengatur jaringan nirkabel gratis di Chile secara profesional. Kami melakukan hal ini dengan memberikan pendidikan tentang hukum yang berkaitan dengan aspek teknis dan jaringan nirkabel; mendorong adaptasi dari teknologi baru melalui penelitian yang memadai; dan merangsang penyesuaian teknologi ini untuk memenuhi kebutuhan spesifik komunitas Chili maupun bangsa di dunia.


Keterangan tentang teknologi

Kami menggunakan berbagai teknologi nirkabel, termasuk IEEE 802.11a/b/g. Kami juga mencoba inovasi terbaru di lapangan, seperti WiMAX. Dalam kebanyakan kasus, peralatan yang telah dimodifikasi agar menerima antena eksternal buatan lokal yang memenuhi peraturan telekomunikasi lokal. Walaupun mayoritas nirkabel perangkat keras yang tersedia di pasar akan sesuai dengan tujuan kami, kami mendorong pemanfaatan dan eksplorasi dari beberapa vendor yang memungkinkan untuk kontrol lebih baik dan adaptasi dengan kebutuhan kita (tanpa harus meningkatkan harga). Termasuk card WiFi dengan chipset yang ditawarkan oleh Atheros, Prism, Orinoco, dan Ralink, serta beberapa model dari akses point yang diproduksi oleh Linksys, Netgear, dan Motorola. Komunitas hacker telah mengembangkan firmware yang menyediakan fungsionalitas baru pada peralatan ini.

Untuk jaringan tulang punggung, kami menggunakan sistem operasi Open Source, termasuk GNU/Linux, FreeBSD, OpenBSD, dan Minix. Hal ini sesuai kebutuhan kami dalam bidang routing serta pelaksanaan layanan seperti proxy, web dan FTP server, dll Selain itu, mereka sesuai dengan filosofi proyek yang menggunakan teknologi free dengan kode Open Source.


Penggunaan dan Aplikasi

Jaringan yang diimplementasikan selama ini memungkinkan tugas-tugas berikut:

  • Transfer data melalui FTP atau web server
  • Layanan VoIP
  • Audio dan video streaming.
  • Instan Messaging.
  • Eksplorasi dan pelaksanaan layanan baru seperti LDAP, resolusi nama, metoda keamanan yang baru, dll.
  • Layanan yang disediakan oleh klien. Pengguna bebas menggunakan infrastruktur jaringan untuk membuat layanan mereka sendiri.


Administrasi dan Pemeliharaan

Operasional unit dari sebuah jaringan adalah node. Setiap node memungkinkan pelanggan untuk tersambung ke jaringan dan memperoleh layanan jaringan yang paling dasar. Selain itu, masing-masing node harus dihubungkan minimal satu node lain. Hal ini memungkinkan jaringan untuk tumbuh dan untuk membuat layanan tersedia untuk setiap klien.

Sebuah node dipelihara oleh administrator yang merupakan anggota komunitas yang komit untuk tugas berikut:

  • Pemeliharaan untuk uptime yang memadai (lebih dari 90%).
  • Menyediakan layanan dasar (biasanya akses web).
  • Membuat klien terupdate mengenai layanan node (misalnya, cara mendapatkan akses ke jaringan). Hal ini umumnya diberikan oleh suatu captive portal.

Administrasi umum dari jaringan (terutama, hal yang berkaitan dengan pembuatan node baru, pilihan lokasi, topologi jaringan, dll) dilakukan oleh dewan komunitas, atau oleh teknisi yang terlatih untuk tujuan tersebut. Chilesincables.org saat ini sedang dalam proses perolehan status hukum, sebuah langkah yang akan mengijinkan peraturan dari prosedur administrasi internal dan formalisasi komunitas ke masyarakat.


Pelatihan dan peningkatan kapasitas

Chilesincables.org menganggap pelatihan anggotanya dan klien sangat penting untuk alasan berikut:

Spektrum radio harus dibuat sebersih mungkin agar menjamin sambungan nirkabel yang baik. Oleh karena itu, pelatihan di teknik komunikasi radio adalah penting. Penggunaan material dan metoda yang mentaat peraturan sebagai persyaratan aktifitas pembangunan yang normal. Agar sesuai dengan standar Internet, semua administrator jaringan di latih tentang jaringan TCP/IP. Untuk menjamin kesinambungan operasi jaringan, pengetahuan tentang teknologi jaringan harus ditransfer ke pengguna.

Untuk mendukung prinsip-prinsip tersebut, Chilesincables.org melaksanakan aktifitas berikut:

  • Workshop Antena. Peserta dilatih untuk membuat antenna, dan memperkenalkan konsep komunikasi radio.
  • Workshop Sistem Operasi. Pelatihan untuk membuat router dan perangkat lainnya berbasis GNU/Linux atau software lainnya seperti m0n0wall atau pfsense. Konsep dasar jaringan juga diajarkan.
  • Promosi dan Iklan. Acara-acara untuk komunitas berbeda yang mempunyai tujuan yang sama dengan kami di promosikan. Termasuk workshop di kampus-kampus, ceramah, pertemuan teman-teman free software, dll.
  • Memupdate Bahan. Chilesincables.org me-maintain sejumlah dokumen dan material yang bebas di akses yang tersedia untuk orang-orang yang tertarik pada aktifitas tertentu.

Gambar berikut menyajikan beberapa keterangan tentang kegiatan di komunitas kami.

Gambar 11.14: Workshop antenna omnidirectional slotted. Dalam sesi ini, peserta berlajar tentang cara membuat antenna maupun teori terkait.
Gambar 11.15: Salah satu anggota staf kami memberikan kuliah membuat router berbasis m0n0wall dalam mengadmini sebuah node.


Figure11.16a.jpg
Gambar 11.16: Detail mini tower dengan contoh antena, kabel dan pigtail.
Gambar 11.17: Stasiun wireless dan antena parabolic yang digunakan untuk memancarkan Santiago-2006 FLISOL melalui video streaming.
Gambar 11.18: Lokasi dari ujung sambungan.
Gambar 11.19: Skematik mewakili transmisi Santiago-2006 FLISOL video streaming, menggunakan free software. Kecepatan transmisi nirkabel yang dicapai adalah 36 Mbps pada jarak 1 km.
Gambar 11.20: Node Quiani. Ini adalah salah satu node tertinggi di dunia. Yang terletak di ketinggian 4000 m, sekitar 2.000 kilometer sebelah utara ibukota negara.
Gambar 11.21: Node di selatan Santiago, yang terdiri dari menara 15 m, sebuah antenna Trevor Marshall 16 + 16, dan 30 klien. Node yang terhubung ke node di pusat kota lebih dari 12 km.
Gambar 11.22: pemandangan alam dari sebuah node dari atas menara.
Gambar 11.23: Node di downtown terhubung ke node di selatan Santiago. Perhatikan antena Parabolic untuk backhaul dan slotted antena untuk menghubungkan klien.
Gambar 11.24: Pemasangan node di atas menara air di Batuco, Wilayah Metropolitan, memberikan backhaul untuk telecenter Cabrati.
Gambar 11.25: Workshop antena Yagi yang diselenggarakan oleh komunitas kami. Peserta sedang membangun sendiri antena.


Kredit

Komunitas kami terdiri dari kelompok relawan yang komit dan layak di perhatikan:

Felipe Cortez (Pulpo), Felipe Benavides (Colcad), Mario Wagenknecht (Kaneda), Daniel Ortiz (Zaterio), Cesar Urquejo (Xeuron), Oscar Vasquez (Mesin), San Jose Martin (paket), Carlos Campano (Campano), Kristen Vasquez (Crossfading), Andres Peralta (Cantenario), Ariel Orellana (Ariel), Miguel Bizama (Picunche), Eric Azua (Bapak Floppy), David Paco (Dpaco), Marcelo Jara (Alaska).


-- Chilesincables.org




Pranala Menarik