WNDW: Teori reflektor

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Karakteristik dasar sebuah reflektor parabola sempurna adalah reflektor tersebut mengubah gelombang yang berbentuk bola menyinari dari sumber titik ditempatkan di fokus menjadi gelombang planar. Sebaliknya, seluruh energi yang diterima oleh piringan parabola dari sumber yang jauh dipantulkan sampai ke satu titik pada fokus parabola. Posisi fokus, atau pusat panjang, dapat ditemukan dengan rumus:

                         D^2 
                  f = ---------
                       16 x c 

di mana D adalah diameter piringan dan C adalah kedalaman parabola pada pusatnya.

Ukuran piringan adalah faktor yang paling penting karena faktor tersebut menentukan gain maksimum yang dapat dicapai pada sebuah frekuensi dan beamwidth yang dihasilkannya. Gain dan beamwidth yang didapatkan dapat dicari dengan rumus:


                   ( π x D)2
           Gain = ----------- x n 
                        λ 2 


                          70 λ
            Beamwidth = ---------
                            D 

di mana D adalah diameter piringan dan n adalah efisiensi. Efisiensi ini ditentukan sebagian besar oleh keefektifan penerangan piringan berdasarkan input, tetapi juga oleh faktor lain. Setiap saat diameter piringan digandakan, gain menjadi empat kali lipat, atau 6 dB, lebih besar. Jika kedua stasiun menggandakan ukuran piringan mereka, kekuatan sinyal bisa bertambah 12 dB, sebuah perolehan yang sangat besar. Efisiensi sebanyak 50% bisa diraih sewaktu membuat antena.

Perbandingan f/D (fokus/diameter piringan) adalah faktor yang mendasari disain dari feed untuk piringan. Rasionya secara langsung terkait dengan beamwidth input yang diperlukan untuk menerangi piringan secara efektif. Dua piringan dengan diameter yang sama tetapi berbeda panjang fokus membutuhkan disain feed yang berbeda, jika keduanya harus diterangi secara efisien. Nilai sebanyak 0,25 sesuai dengan piringan dengan focal-plane yang sama dimana fokus berada pada bidang yang sama dengan dasar piringan.


Pranala Menarik