WNDW: Tujuan dari buku ini

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Sasaran keseluruhan dari buku ini adalah untuk membantu anda membuat teknologi komunikasi di komunitas lokal anda dengan harga terjangkau dan dengan sedapat mungkin menggunakan sumber daya yang ada. Menggunakan peralatan murah yang ada, anda bisa membuat jaringan data berkecepatan tinggi yang menghubungkan wilayah yang luas, menyediakan jaringan akses broadband di daerah-daerah yang dial-up saja tidak ada, dan akhirnya menghubungkan anda dan tetangga anda ke internet global. Dengan memakai bahan-bahan disekitar anda sebagai material dan membuat sendiri berbagai komponen-nya, anda bisa membuat sambungan jaringan yang bisa diandalkan dengan budjet yang sedikit. Dan dengan bekerja sama dengan komunitas sekitar, anda bisa membuat sebuah infrastruktur komunikasi yang menguntungkan semua orang yang berpartisipasi di dalamnya.

Buku ini bukan panduan untuk mengatur card wireless di laptop anda atau memilih peralatan terbaik untuk jaringan rumah anda. Titik berat buku ini adalah untuk membuat sambungan infrastruktur yang menjadi tulang punggung dari jaringan nirkabel wilayah luas. Dengan sasaran tersebut, informasi akan di berikan dari banyak sudut pandang, termasuk diantaranya adalah faktor teknik, sosial, dan finansial. Koleksi dari pembelajaran yang studi kasus beberapa kelompok yang mencoba untuk membuat jaringan ini, sumber daya yang digunakan untuk itu, dan hasil-hasil akhir dari percobaan tersebut.

Dari experimen pemancar “spark gap” awal abad yang lalu, nirkabel telah menjadi teknologi komunikasi yang berkembang pesat. Dalam buku ini, kami menampilkan contoh spesifik tentang cara membuat sambungan data berkecapatan tinggi, teknik yang diterangkan di buku ini tidak dimaksudkan untuk mengganti infrastruktur kabel yang sudah ada (seperti telepon atau fiber optik). Teknik yang di terangkan disini lebih di maksudkan untuk memperbaiki sistem yang sudah ada, dan menyediakan sambungan di daerah-daerah dimana fiber atau kabel lainnya tidak mungkin digunakan.

Kami berharap, buku ini dapat menyelesaikan tantangan komunikasi anda.



Pranala Menarik