WNDW: Wi-Spy

From OnnoWiki
Jump to: navigation, search
Gambar 8.8: Spectrum Analyzer USB Wi-Spy
Gambar 8.9: Pola tajam yang nyata di sebelah kiri gambar disebabkan oleh pemancar televisi 2,4 GHz berdaya tinggi
Gambar 8.10: Sudut pandang EaKiu memungkinkan anda untuk memutar grafik dan memperjelas bagian grafik yang mana pun di waktu nyata. Mungkin ada jaringan WiFi di saluran 11, dengan sumber bunyi lain yang berada di bagian lebih bawah pita.

Wi-Spy adalah alat analisa spektrum USB yang dibuat oleh MetaGeek (http://www.metageek.net/). Alat ini mempunyai fitur penerima yang sangat sensitif dalam ukuran yang kecil (berukuran sebesar USB ibu jari).

Versi terakhir Wi-Spy meliputi jangkauan dinamis yang lebih baik dan konektor antena eksternal. Pada versi ini juga tersedia perangkat lunak spectrum analyzer yang sangat baik untuk Windows yang dinamakan Chanalyzer. Perangkat lunak ini menyediakan sudut pandang seketika, rata-rata, maksimum, topografis, dan spektral.

Ada paket perangkat lunak gratis yang sempurna untuk sistem operasi Mac yang dinamakan EaKiu (http://www.cookwareinc.com/EaKiu). Disamping sudut pandang standar, perangkat lunak ini juga menyediakan sudut pandang 3D, dan menambahkan dukungan untuk beberapa alat Wi-Spy.

Bagi pengguna Linux, Wi-Spy didukung oleh proyek Kismet Spectrum-Tools (http://kismetwireless.net/spectools/). Paket ini termasuk tool command line serta GUI yang dibangun berdasarkan GTK.

Saat ini telah keluar Ubiquiti AirView yang dapat menggantikan Wi-Spy.

Pranala Menarik[edit]