WiFi: Beberapa Catatan Detail Pada Instalasi Antenna

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
Instalasi Peralatan di Tower
Instalasi Peralatan di sisi Client

Gambar instalasi peralatan ini dilakukan oleh rekan Henry Syarifuddin, henry@cgd.co.id. Tim mereka menggunakan peralatan wireless SmartBridges http://www.smartbridges.com untuk instalasi luar ruang (outdoor).

Sebuah contoh instalasi client WiFi tampak pada gambar. Pada contoh instalasi sebuah Customer Premise Equipment (CPE) di masukan kedalam kotak platik. Antenna parabola external 24dBi di sambungkan melalui kabel pigtail pendek yang kurang dari satu meter panjangnya.

Seluruh instalasi di letakan di atas tower. Dari CPE ke peralatan komputer di bawahnya di sambungkan menggunakan kabel Unshielded Twisted Pair (UTP). Tegangan catu daya 12V di injeksikan ke CPE menggunakan peralatan Power over Ethernet (PoE) untuk menyatukan tegangan catu 12V ke kabel UTP yang dimasukan ke CPE.

Pengalaman menunjukan bahwa kabel UTP biasa bisa peralatan outdoor untuk beberapa tahun lamanya. Beberapa rekan menggunakan kabel khusus UTP untuk outdoor atau Shielded Twisted Pair (STP).

Instalasi di sisi Client pada dasarnya sama dengan sisi Access Point, hanya saja peralatan di set sebagai Client bukan sebagai Access Point.


Pranala Menarik