WiFi: Canopy - Konfigurasi Back Haul Timing Master

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
Canopy-master-01.jpg

Pada back haul timing master di menu pertama, Status, kita dapat melihat status peralatan Motorola Canopy tersebut. Beberapa hal yang penting yang dapat kita lihat antara lain adalah tentang:

  • Informasi alat, seperti, versi software, waktu system yang harusnya di sinkronisasi ke internet, kecepatan Ethernet.
  • Status Access Point, sinkronisasi pulsa GPS, nilai slicing waktu yang digunakan di radio, penguatan pemancar.
  • Informasi situs, seperti nama situs & kontak.
Canopy-master-02.jpg

Pada menu selanjutnya adalah bagian konfigurasi. Kita tidak perlu mengkonfigurasi semua option yang ada. Sebagian besar dapat kita dapat mengkonfigurasi beberapa hal yang penting saja, yaitu:

  • Timing Mode, harus timing master untuk di operasikan sebagai back haul timing master.
  • RF frequency carrier, nilai default-nya kosong, kita perlu memilih salah satu frekuensi yang ada. Jika kita ingin mengoperasikan beberapa Access Point / Back Haul pada lokasi yang sama sebaiknya di set supaya beda frekuensi sekitar 25 MHz supaya tidak saling interferensi.
  • Password untuk melihat konfigurasi, dan password untuk mengubah konfigurasi.
Canopy-master-03.jpg

Masih pada menu konfigurasi, kita dapat mengkonfigurasi beberapa hal tambahan yang akan membuat system lebih baik, lebih aman, seperti:

Canopy-master-04.jpg

Pada bagian terakhir dari menu configuration, kita dapat menambahkan beberapa informasi tambahan, seperti, Site Information, yang terdiri dari Site Name, Site Contact dan Site Location.

Canopy-master-05.jpg

Menu selanjutnya adalah IP configuration. Pada menu IP configuration, kita dapat mengkonfigurasi IP address, subnet mask dan IP gateway dari interface LAN. Di samping itu kita dapat pula mengkonfigurasi IP dari interface radio. Perhatikan bahwa keluarga IP address di LAN dan radio tidak perlu sama.

Canopy-master-06.jpg

Menu selanjutnya adalah Event Log. Event Log mencatat kejadian apa saja yang terjadi pada peralatan Motorola Canopy yang kita gunakan. Informasi yang di catat akan sangat berguna jika kita mengalami masalah pada peralatan tersebut.

Canopy-master-07.jpg

Sebetulnya masih banyak menu-menu yang lain, tapi menu yang sakan sangat bermanfaat bagi operasional Back Haul Master Timing adalah menu konfigurasi time & date. Pada menu konfigurasi time & date, kita dapat mengkonfigurasi server NTP, dan menset tanggal & waktu dari alat Motorola Canopy. Hal ini di perlukan agar proses sinkronisasi peralatan dapat berjalan dengan baik.


Pranala Menarik