WiFi: Diversity Antenna untuk Point To Point

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
Diversity Antenna untuk sambungan P2P

Makenisme fading dari sambungan microwave di outdoor adalah multipath. Dimana sinyal yang di terima oleh penerima menjadi berbayang karena penerima akan menerima sinyal beberapa sinyal, ada yang langsung, ada yang merupakan sinyal pantulan.

Untuk memaximalkan kemampuan untuk menerima sinyal fading, beberapa peralatan wireless biasanya menambahkan fitur diversity antenna yang terdiri dari dua (2) antenna untuk menerima sinyal radio. Oleh karenanya, jika sinyal dari antenna pertama fading atau berkurang, maka sinyal dari diversity antenna yang akan di pilih.

Space diversity adalah teknik diversity yang digunakan di instalasi WiFi yang sederhana & murah. Teknik ini pada dasarnya meletakan antenna utama cukup jauh dari antenna diversity sekitar 10-200 panjang gelombang (atau sekitar 1.3-25 meter). Di harapkan jika sinyal di antenna utama berkurang, maka sinyal di diversity antenna tidak berkurang.

Pemisahan secara vertikal dua antenna biasanya digunakan pada sambungan Point-to-Point (P2P) di suburban dan daerah rural.

Pranala Menarik