WiFi: HotSpot - Konfigurasi Untuk Banyak Pengguna

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Pada jaringan HotSpot berbayar, dengan banyak pengguna local, biasanya kita akan membutuhkan database yang besar yang menampung data-data pengguna. Database server tersebut dapat di bangun menggunakan server tersendiri. Di Linux, hal ini dapat dibangun menggunakan MySQL.

Proses authentikasi dapat di lakukan menggunakan software Radius yang akan melakukan proses Authentikasi dan accounting. Tentunya kita masih perlu server tambahan yang berfungsi sebagai portal captive bagi pengguna HotSpot yang menangkap akses pengguna yang belum ter-Authentikasi.

Bagi anda yang tidak ingin pusing, ada baiknya menggunakan mesin yang dapat berfungsi sebagai database server, authentication server dan portal captive sekaligus. Mesin ini salah satunya adalah IP3 dan Mikrotik.

Semua peralatan ini terpasang di LAN yang berbeda dengan LAN dari Access Point yang digunakan oleh pengguna. Biasanya antara kedua LAN ini ada mekanisme firewall yang terpasang diantaranya untuk mem-blokir pengguna yang belum ter-Authentikasi agar tidak bisa mengakses Internet.

Pranala Menarik