WiFi: Penentuan Posisi Mengunakan Garmin eTrex Legend

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
GARMIN eTrex Legend
Map View pada GARMIN eTrex Legend

Halaman pertama yang akan kita lihat di GPS adalah satelit GPS yang terlihat di angkasa termasuk kekuatan sinyalnya. Biasanya minimal kita membutuhkan tiga (3) buat satelit GPS yang harus terlihat untuk menentukan posisi. Jika kita dapat melihat cukup banyak satelit, maka peralatan GPS dapat menentukan posisi dan ketinggian kita. Ketelitian ketinggian yang di peroleh eTrex Legend biasanya sekitar 6-12 meter . Untuk memperoleh informasi yang lebih akurat dari ketinggian, sangat di sarankan untuk menggunakan peralatan GPS yang lebih mahal yang mempunyai altimeter di dalamnya.

Pada halaman selanjutnya, kita masuk ke Map View. Pada halaman ini, kita dapat melihat peta dua (2) dimensi. Map View di rancang untuk melakukan navigasi, tidak ada informasi elevasi dan topologi di dalamnya. Paling tidak kita dapat mengira-ngira arah lokasi dari peta yang ada.

Kompas / Direction View pada GARMIN eTrex Legend
Komputer Perjalanan pada GARMIN eTrex Legend

Pada halaman selanjutnya adalah Kompas / Direction View. Melalui halaman ini kita dapat mencek arah antenna maupun jarak ke titik yang kita tuju. Tentunya titik yang dituju harus kita tandai (Mark) terlebih dahulu sebelum kita dapat mencek arah ke titik tersebut.

Handheld GPS seperti eTrex Legend di rancang untuk menolong kita dalam perjalanan. Oleh karenanya biasanya di lengkapi dengan peralatan computer untuk menghitung perjalanan. Kita dapat mencek odometer perjalanan, lama perjalanan, kecepatan maksimum, kecepatan rata-rata, estimasi waktu kedatangan. Memang fitur ini tidak terlalu dibutuhkan dalam site survey, hanya menarik saja untuk di miliki.

Menentukan Arah

Setelah posisi di peroleh dari GPS langkah selanjutnya adalah menentukan arah antenna. Sangat di sarankan untuk menggunakan file SpreadSheet http://125.160.17.21/speedyorari/view.php?file=orari-diklat/teknik/2.4ghz/buku-wifi/wireless-network-calculation-2-2003.xls untuk menentukan arah tersebut.

Referensi

Pranala Menarik