WiFi: Perangkat Untuk Melakukan Site Survey

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search

Daftar peralatan yang perlu dibawa untuk Site Survey adalah,

  1. Spectrum Analyzer (3GHz) jika ada. Spectrum Analyzer adalah sebuah peralatan yang paling membantu seorang surveyor untuk melihat kondisi lapangan. Sayangnya, sebuah spectrum analyzer yang baik harganya sangat mahal dan kemungkinan tidak akan terjangkau bagi kita yang berada di negara berkembang. Solusi yang terjangkau, mungkin menggunakan card Teletronics dengan software-nya yang cukup baik untuk digunakan sebagai spectrum analyzer di frekuensi 2.4GHz. Harga card sekitar US$100, dengan sebuah pigtail yang di sambungkan ke antenna external. Banyak Wireless ISP komersial menggunakan ini untuk alat site survey mereka.
  2. Laptop. Adalah solusi yang paling murah yang mungkin paling terjangkau untuk negara berkembang. Beberapa tool untuk melakukan survey di PC telah tersedia di Internet.
  3. USB WiFi. Yang nantinya dapat di sambungkan ke laptop untuk melakukan site survey.
  4. Beberapa WLAN Access Point mempunyai kemampuan untuk melakukan site survey jika di set pada mode client. Mode ini sangat bermanfaat dalam mengarahkan antenna dll.
  5. Sekumpulan antenna external, omnidirectional antenna dan directional antenna, termasuk pigtail dan berbagai konektor.
  6. Senter yang kuat, Strobe Light, Flashlight, Cermin, Kekeran atau Telescope. Sangat baik untuk untuk mengevaluasi kondisi Optical Line Of Sight antar dua titik.
  7. Meteran, minimum 10m.
  8. Peta topography skala 1:50,000 atau yang lebih baik lagi. Mungkin kita akan memperoleh kesulitan untuk memperoleh peta topography yang akurat dan uptodate. Untuk sambungan-sambungan jarak pendek s/d 5-8 km kadang kala kita tidak memerlukan peta topography tersebut.
  9. Hand-held GPS atau kompas. GPS adalah alat yang paling berharga pada saat melakukan site survey. Perlu kita sadari bersama, GPS memerlukan kondisi cuaca cerah, tidak ada halangan di atas kita dan waktu yang lama untuk memperoleh ketelitian yang maksimum.
  10. Altimeter atau pengukur ketinggian. Hal ini kadang kali tidak di perlukan jika kita menggunakan GPS yang baik, seperti, GARMIN eTrex Vista.
  11. Safety hat.
  12. Tangga.


Pranala Menarik