WiFi: SWR dan Power Meter

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
SWR PraXsym milik Henry Syarifuddin

Salah satu alat yang paling penting untuk membuat sendiri antenna adalah SWR Meter dan sinyal generator. Bagi anda yang beruntung dapat membuang uang dalam orde belasan juta rupiah untuk membeli alat ini secara komersial, dapat membelinya dari PraXsym http://www.praxsym.com.

SWR sangat penting dalam instalasi radio, untuk mengukur seberapa besar daya masuk ke antenna. SWR akan sangat berguna untuk men-tune antenna agar seminimal mungkin daya yang di pantulkan balik ke pemancar.

Tampak pada gambar, dengan menggunakan SWR PraXsym dapat mengukur SWR dan Power, baik forward power maupun reflected power dengan mudah. Peralatan SWR di gambar milik Pak Henry Syarifuddin dari CGD.

Homebrew SWR

Bagi anda yang ingin membuat sendiri peralatan SWR, saya sangat sarankan untuk melihat situs milik N9ZIA pada alamat http://www.qsl.net/n9zia/wireless/appendixF.html. Beliau mempunyai banyak sekali referensi tentang pembuatan peralatan ukur untuk frekuensi microwave. N9ZIA sendiri menggunakan direct coupler yang mungkin agak sukar di cari di Indonesia.

Teknik yang lebih sederhana di kembangkan oleh seorang amatir radio di Belanda PE2ER dengan alamat situs http://pe2er.nl/.

Rangkaian untuk membuat SWR tersedia dengan lengkap, di samping itu juga layout Printed Circuit Board (PCB) untuk SWR tersebut telah di sediakan / di gambar, jadi kita dapat meniru-nya relatif dengan agak mudah.

Referensi

Pranala Menarik