WNDW: Di atas semua: libatkan masyarakat setempat

From OnnoCenterWiki
Revision as of 10:16, 28 September 2009 by Onnowpurbo (talk | contribs)

(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to: navigation, search

Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam memastikan keberhasilan dan keberlangsungan proyek. Melibatkan masyarakat dalam proyek dapat menjadi tantangan terbesar, tetapi jika masyarakat tidak terlibat teknologi tidak akan melayani kebutuhan mereka, dan tidak akan diterima. Selain itu, masyarakat yang takut dan mungkin dapat merusak inisiatif. Apapun kompleksitas yang dilakukan, kesuksesan proyek membutuhkan dukungan dari orang-orang yang akan dilayani.

Strategi yang efektif dalam mendapatkan dukungan adalah untuk mencari pemimpin yang dihormati dengan tujuan yang benar. Menemukan orang, atau orang-orang yang tertarik dengan proyek. Seringkali, anda perlu melibatkan pemimpin tersebut sebagai penasehat, atau sebagai seorang anggota steering komite. Orang-orang ini sudah memperoleh kepercayaan dari masyarakat, akan tahu siapa yang harus didekati, dan dapat berbicara bahasa masyarakat setempat. Luangkan waktu anda agar dapat secara selektif dalam mencari orang yang tepat untuk proyek anda. Adalah sebuah keputusan yang sangat strategis untuk memperoleh orang lokal yang effektif dan di percaya dari masyarakat setempat. Selain itu, perhatikan pemain kunci dalam sebuah lembaga, atau masyarakat. Mengidentifikasi orang-orang yang kemungkinan besar akan lawan dan proyek proponent proyek Anda. Sedini mungkin, berusaha untuk mendapatkan dukungan lawan dan membaur dengan lawan-lawan. Ini merupakan hal yang sulit memerlukan keintiman dengan lembaga atau masyarakat. Jika proyek tidak memiliki sekutu lokal, proyek harus meluangkan banyak waktu untuk memperoleh pengetahuan dan kepercayaan dari masyarakat.

Hati-hati dalam memilih sekutu anda. Sebuah pertemuan di "balai kota" sering berguna untuk melihat politik lokal, dan aliansi yang terjadi. Selanjutnya, akan lebih mudah untuk memutuskan siapa yang dijadikan sekutu, dan siapa pemimpun dan siapa yang perlu untuk membaur. Coba untuk tidak mengendurkan semangat. Penting untuk berlaku jujur, terus terang, dan tidak membuat janji-janji yang tidak dapat anda tepati.

Pada masyarakat yang sebagian besar buta huruf, fokus pada layanan Internet dari digital ke analog seperti untuk stasiun radio, pencetakan artikel dan foto on-line, dan aplikasi non-tekstual lainnya. Jangan mencoba untuk memperkenalkan teknologi kepada masyarakat tanpa pemahaman aplikasi yang akan benar-benar akan melayani masyarakat. Seringkali masyarakat akan memiliki sedikit ide bagaimana teknologi baru akan membantu masalah mereka. Cukup menyediakan fitur baru yang berguna tanpa pemahaman tentang bagaimana masyarakat akan manfaat.

Saat mengumpulkan informasi, verifikasi fakta yang diberikan. Jika Anda ingin mengetahui status keuangan perusahaan / organisasi, meminta untuk melihat rekening listrik, telepon atau tagihan. Apakah mereka telah membayar tagihan mereka? Pada saat ini, calon penerima donor suka membohongi nilai-nilai mereka sendiri berharap memenangkan dana atau peralatan. Seringkali, mitra lokal yang anda percaya akan sangat terus terang, jujur, dan suka menolong.

Kesalahan umum adalah yang saya sebut sindrom "orang tua bercerai", dimana LSM, donor, dan mitra tidak saling memberitahu keterlibatan masing-masing dengan si penerima dana / manfaat. Penerima yang mahir akan memperoleh hadiah yang menarik dengan membiarkan LSM dan donor memberi mereka dengan peralatan, pelatihan dan dana. Adalah penting untuk mengetahui organisasi lain yang terlibat sehingga anda dapat memahami dampak kegiatan mereka pada anda sendiri. Misalnya, saya pernah merancang proyek untuk sekolah di pedesaan Mali. Tim saya menginstalasi open source dengan komputer bekas dan menghabiskan beberapa hari melatih masyarakat bagaimana untuk menggunakannya. Proyek ini dianggap berhasil, tetapi segera setelah instalasi, donor lain tiba dengan komputer Pentium 4 baru menjalankan Windows XP. Siswa dengan cepat ditinggalkan komputer lama dan menggunakan komputer baru. Akan lebih baik untuk melakukan negosiasi dengan sekolah di awal, untuk mengetahui komitmen mereka untuk proyek. Jika mereka berterus terang, komputer bekas yang sekarang duduk tidak digunakan dapat dikirim ke sekolah lain yang lebih membutuhkan.

Dalam banyak masyarakat di pedesaan di negara berkembang, hukum dan kebijakan sangat lemah, dan kontrak dapat menjadi sia-sia. Seringkali, jaminan lainnya harus ditemukan. Di sinilah layanan pra-bayar yang ideal, karena mereka tidak memerlukan hukum kontrak. Komitmen dijjamin oleh dana investasi sebelum layanan diberikan.

Buy-in diperlukan bagi mereka yang terlibat investasi dalam proyek itu sendiri. Sebuah proyek harus meminta keterlibatan timbal balik dari masyarakat. Di atas semua, pilihan "batal" harus selalu dievaluasi. Jika masyarakat lokal dan komunitas pengguna tidak ada, proyek harus mempertimbangkan memilih komunitas atau masyarakat penerima manfaat yang berbeda. Harus ada negosiasi; peralatan, uang, dan pelatihan tidak dapat dihadiahkan. Masyarakat harus dilibatkan dan mereka juga harus berkontribusi.


-- Ian Howard



Pranala Menarik