WNDW: Skenario 1 & 2 cara mudah

From OnnoWiki
Revision as of 07:26, 11 September 2009 by Onnowpurbo (talk | contribs) (New page: Daripada mengkonfigurasi komputer anda sebagai akses point dari nol, anda mungkin ingin untuk menggunakan distribusi Linux yang didedikasikan yang secara khusus didesain untuk tujuan ini. ...)

(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to: navigation, search

Daripada mengkonfigurasi komputer anda sebagai akses point dari nol, anda mungkin ingin untuk menggunakan distribusi Linux yang didedikasikan yang secara khusus didesain untuk tujuan ini. Distribusi ini dapat membuat pekerjaan sesederhana membooting dari CD khusus pada komputer dengan interface nirkabel. Lihat bagian berikut, “Sistem operasi yang cocok dengan nirkabel” untuk informasi lebih lanjut.

Seperti yang anda lihat, sangatlah jelas untuk memberikan layanan akses point dari standar router Linux. Menggunakan Linux memberi anda kemampuan kontrol yang lebih baik pada bagaimana paket diarahkan melalui jaringan anda, dan memiliki fitur yang jauh lebih kompleks daripada akses point komersial biasa.

Sebagai gambaran, anda dapat mulai dengan salah satu dari kedua contoh di atas untuk mengimplementasikan jaringan nirkabel pribadi di mana pengguna diautentikasi dengan menggunakan web browser standar. Memakai captive portal seperti Chillispot, pengguna nirkabel dapat di cek kebenarannya menggunakan database yang sudah ada (misalnya, server domain Windows yang dapat diakses melalui RADIUS). Pengaturan ini dapat memberikan akses istimewa kepada pengguna dalam database, sekaligus menyediakan derajat akses yang sangat terbatas untuk publik.

Aplikasi populer lainnya adalah model komersial pra-bayar. Dalam model ini, pengguna harus membeli voucher sebelum mengakses jaringan. Voucher ini menyediakan password yang berlaku untuk waktu yang terbatas (biasanya satu hari). Ketika voucher berakhir, pengguna harus membeli lagi. Fitur voucher ini hanya tersedia pada peralatan pembuatan jaringan komersial yang relatif mahal, tetapi juga bisa diimplementasikan menggunakan perangkat lunak gratis seperti Chillispot dan phpMyPrePaid. Kita akan melihat lebih banyak lagi tentang teknologi captive portal dan sistem tiket di bagian Autentikasi di Bab 6.


Pranala Menarik[edit]