Skip available courses

Available courses

eLearningCurup

Materi Pembelajaran BK-TI / Pelayanan TIK Sekolah Bagi Guru-Guru TIK . Mata pelajar TIK yang telah hilang di Kurikulum 2013.  BK-IT / Pelayanan TIK  Untuk membantu Fungsi pelayanan:

  1. Terhadap siswa,
  2. Terhadap Guru
  3. Terhadap Staf/TU

Materi Menggunakan Aplikasi Berbasis open source, seperti Libreoffice untuk Layanan perkantoran , GIMP untuk gambar dan aplikasi lain untuk menunjang proses BK-TI / Pelayanan TIK di sekolah

Kelas khusus untuk Sistem Informasi Kesehatan ini di peruntukkan bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan Sukabumi .

eLearningCurup

WORKSHOP PUTARAN 4

Mata Pelajaran Biologi

Kelas ini mempelajari tentang Sejarah Perkembangan Komputer

basababasbabs

Belajar elearning

Pembelajaran ICT-UNBK
Belajar bareng dengan Lahmdin
Matematika IPA
1. Dibawah ini yang merupakan perangkat keras dari sebuah komputer
a. monitor
b. file
c. folder

Setelah mempelajari Mata Pelajaran Desain Grafis ini diharapkan peserta didik dapat :

  1. Menggunakan Software teks multimedia dengan baik dan benar. Disini menggunakan CorelDraw dan Inkscape
  2. Mendesain teks dan menggabungkan ke dalam sajian multimedia

Course ini khusus mengupas tentang dasar-dasar Pemorograman Java yang terdiri dari beberapa bab. Diharapkan setelah mengikuti course ini, peserta dapat memahami dasar-dasar Pemrograman Java dan dapat membuat aplikasi sederhana sesuai kebutuhan.

Kuliah guru go blog adalah kuliah yang sengaja dibuat untuk mengajak anda membuat blog di internet. Kuliah ini bertujuan agar anda mampu menciptakan informasi di internet dengan cara menulis dari apa yang anda sukai dan kuasai. Menulislah setiap hari lalu perhatikan apa yang terjadi!

Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan  adalah  Kelas bagi para Relawan TIK Indonesia dan yang berminat menjadi Relawan RTIK Indonesia yang telah berdiri dan Tersebar di Kabupaten/kota di Indonesia. Peningkatan kualitas sumber daya para Relawan TIK Indonesia kini akan di Upgrade dengan materi online yang disediakan pada elearning rakyat, Untruk mengetahui tentang Relawan TIK Indonesia silahkan melihat website resmi di http://relawan-tik.or.id/

Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak(Software), sertasebagai jurik (daemon) untuk progr am komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak mungkin dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Dalam kuliah sistem operasi ini akan diterangkan cara kerja bahkan teknik pembuatan sistem operasi Linux. Linux saat ini menguasai 2/3 layar yang digunakan oleh computing device di dunia karena sebagian server maupun smartphone (android) yang digunakan di dunia adalah Linux. Dalam kalimat yang sederhana Linux, saat ini mendominasi dan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk penyediaan infrastruktur teknologi informasi. Sebagai bagian dari sistem operasi yang berperan penting dalam infrastrukur teknologi informasi, pengelolaan sistem operasi Linux sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilitas infrastruktur tersebut.

Melalui Kuliah Sistem Operasi ini peserta kursus akan mempelajari bagaimana mengelola dengan baik sistem operasi berbasis Linux. Peng elolaantersebut meliputi kustomisasi, pengamanan sistem operasi Linux, pengelolaan user, file system, jaringan (IPv4 dan IPv6) serta layananinternet dan bagaimana memanfaatkan teknologi virtualisasi. Setengah kuliah akan di warnai dengan teknik pembuatan sistem operasi linux itu sendiri baik meng-rakit dari source code maupun remaster CD, teknik membuat sistem operasi OpenWRT untuk router maupun membuat sendiri sistem operasi android untuk smartphone. Di ajarkan pula cara untuk mengatur schuduler (penjadwal proses) dalam sistem operasi, memonitor proses hingga mengukur (benchmarking) sistem operasi itu sendiri.

Pengetahuan sistem operasi ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin berkiprah secara serius di bidang teknologi informasi maupun cloud dan mobile computing.

Sistem Operasi UNIX lainnya yang bersifat free adalah FreeBSD Berkeley Software Distribution (BSD) yang dikembangkan oleh University Of Barkeley. Operasi Sistem ini cukup handal untuk menangani keamanan sebuah server sama halnya dengan varian UNIX seperti Linux. Namun ada beberapa perbedaan dasar antara freeBSD dengan Linux, untuk lebih jelasnya bisa mengikuti kelas Sistem Operasi FreeBSD

Linux BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.

Elektronika Audio Video

Kelas Mata Pelajaran Matematika SD

Mata Pelajaran khusus untuk Pelajaran Sejarah

CARA MUDAH POSTING ARTIKEL DI BLOG UNTUK PEMULA

Cara mudah posting artikel di blog untuk pemula ~ Untuk Anda yang masih pemula, Setelah membuat blog tentu Anda harus tahu cara posting di blog agar apa yang telah Anda tulis dapat dibaca oleh khalayak umum. Postingan blog bisa berupa pengalaman, tips dan trik, tutorial dan lain sebagainya. Semakin banyak postingan semakin bagus untuk blog tersebut dan semakin banyak pula yang dapat dibagikan kepada pembaca di internet.

Bila postingan di blog Anda bagus dan bermanfaat untuk orang lain tentu akan semakin bertambah pengunjung yang datang ke blog untuk mencari dan membaca artikel tersebut. Sungguh suatu hal yang sangat mengagumkan jika kita dapat berbagi kepada orang lain akan pengalaman, pengetahuan kita yang tuangkan ke dalam tulisan-tulisan di blog.

Nah, sebenarnya cara posting di blog sangatlah mudah, hanya saja Anda belum membiasakan diri karena masih pemula yang baru tahu cara membuat blog sendiri ya gak sih ? Dan saya yakin suatu saat Anda akan menjadi blogger yang ternama dan memiliki penghasilan yang mengagumkan.. Amin...

cara posting artikel blog


1. Ketik situs www.blogger.com pada browser
2. Isi Username dan password , tekan Enter
3. Setelah itu akan masuk ke dashboard blogger
4. Klik saja tombol yang bergambar pensil ( sebelah kiri atas )


cara mudah posting artikel blog untuk blogger pemula

5. Lalu akan terlihat ruang kosong lebar ( Pada gambar : bagian A ) yang digunakan untuk menulis artikel.Pada bagian ini Anda bebas menulis apa saja yang diinginkan. Dan jika mau membuat gambar dari komputer untuk ditampilkan di blog maka klik saja bagian F untuk upload gambar tersebut. Dan pada baris ini pula terdapat fasilitas untuk dapat membuat tulisan miring, tebal, besar, undo redo, meratakan tulisan.

6. Jika selesai menulis artikel buatlah judul pada kolom E dan jangan lupa tekan tombol save ( simpan ) pada bagian C setiap saat bila perlu.

7. Gunakan menu pada bagian sebelah kanan layar antara lain :
  • Label    : untuk membedakan jenis artikel per bagian / label

  • Jadwal : biarkan default saja ( gak usah diutak-atik)

  • Link     : pada bagian ini untuk memberikan nama tautan khusus untuk artikel yang sedang ditulis, biarkan dalam default ( tautan permanen otomatis ), biarkan tautan judul dan tautan lampiran default juga dan klik selesai
  • Lokasi   (biarkan default , jangan diklik)
  • Deskripsi Penelusuran : jika Anda melihat bagian ini berarti Anda tinggal menulis deskripsi yang menggambarkan artikel yang sedang ditulis, dan hal ini pula yang membantu proses pencarian pada search engine.
  • Pilhan : Biarkan default saja, terkecuali Anda tidak ingin ada yang memberikan komentar pada artikel ini, klik saja "jangan bolehkan, sembunyikan yang ada"

7. Setelah dirasa selesai settingannya, klik tombol "Publikasikan"  ( B ), Dan dengan demikian postingan blog sudah dapat dibaca oleh khalayak umum ( diterbitkan ),  Tetapi jika hanya mengklik "simpan" (C) maka postingan blog tidak akan bisa dibaca oleh orang lain, dan tersimpan dalam bentuk "draft".

Klik saja "Pratinjau" ( D ) untuk melihat bentuk postingan blog sementara, dan dapat diperbaiki kembali jika dirasakan ada yang kurang.

Sesaat setelah menekan tombol publikasi, Sebaiknya menggunakan metode berbagi di Google+ yang merupakan salah satu tehnik untuk mendapatkan trafik blog. Jadi jangan segan-segan untuk menambahkan teman di Google Plus terse

Kuliah ini mencakup konsep pengantar umum dalam desain dan implementasi sistem paralel dan terdistribusi, yang mencakup semua cabang utama seperti Cloud Computing, Grid Computing, Cluster Computing, Supercomputing, dan Many-core Computing.

Setelah mengikuti perkuliahan Grid & Cloud Computing peserta didik diharapkan dapat memiliki pengetahuan akan konsep dan implementasi Grid & Cloud Computing. Fokus terutama di tujukan pada pengetahuan praktis & keterampilan untuk bisa mengimplementasikan grid & cloud computing.

Dalam kuliah ini akan di bahas mulai dari Konsep Grid & Cloud Computing, beberapa teknik virtualisasi (menggunakan VirtualBox, virsh, KVM dan QEMU), Cloud Storage menggunakan Owncloud, Sistem Operasi Cloud (seperti Promox & OpenStack), Sistem Operasi Grid menggunakan RockCluster dan OpenMPI, Blockchain & Crypto Currency, Contoh penggunaan Cloud: Instalasi Ubuntu Instance, Cloud Capacity Planning, Google Cloud Programming, Attack pada Cloud, Security pada Cloud.



Pemograman Web merupakan pelajaran yang mencakup

1. Pengertian Dasar pemograman web

2. Pemahaman konsep pemograman web

3. Integrasi pengetahuan dalam pemograman web

4. Mengaplikasikan pemahaman pemograman web

Mata Kuliah ini membahas tentang Perancangan dan Pengelolaan jaringan menggunakan metode PPDIOO secara komprehensif. Perancangan dan Pengelolaan jaringan meliputi :

  1. Perancangan dan Pengelolaan Local Area Network (LAN)
  2. Perancangan dan Pengelolaan Wireless Network
  3. Perancangan dan Pengelolaan Wide Area Network
  4. Perancangan dan Pengelolaan IP Address
  5. Pemilihan Routing Protokol Dinamis

Jaringan dasar merupakan salah satu mata pelajaran wajib dasar program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum 2013

Dalam kuliah ini peserta akan diajarkan skill / pengetahuan praktis untuk mengoperasikan bahkan membuat sendiri jaringan komputer seperti Internet. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang jaringan, operator telekomunikasi maupun administrator di kampus atau enterprise / perusahaan. Di awali dengan berbagai konsep yang mendasari jaringan komputer maupun berbagai pengalamatan yang ada di jaringan, secara perlahan di perkenalkan pengetahuan praktis untuk mengkonfigurasi peralatan jaringan, baik secara real maupun menggunakan simulator jaringan seperti GNS3 untuk berbagai jenis router seperti Mikrotik, Cisco dan Juniper. Untuk membentuk LAN maupun WAN. Jaringan wireless di berikan prioritas tambahan terutama untuk merancang jaringan wireless jarak jauh 50-300 km. Berbagai layanan pentingan jaringan seperti server penamaan (Domain Name System / DNS), email / webmail, web server maupun content manajemen sistem (CMS) di praktekan menggunakan server virtual yang bisa di jalankan di VirtualBox tersambung ke GNS3. Bagi mereka yang ingin layanan yang canggih juga di ajarkan teknik membuat streaming server seperti youtube, bahkan Telepon di Internet hingga membuat sendiri jaringan selular sendiri dengan teknologi OpenBTS baik untuk 2G (dan terakhir LTE / 4G). Di akhir kuliah di jelaskan tentang teknik manajemen maupun pengukuran (Benchmarking) jaringan.

Melalui kursus keamanan jaringan ini para peserta akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga menjadi kompeten dalam melaksanakan tugas sebagai seorang administrator jaringan komputer beserta keamanannya di dalam organisasi atau perusahaan. Peserta nantinya akan memiliki kemampuan antara lain adalah konsep keamanan jaringan, teknik pendeteksian penyusup / serangan, teknik pertahanan jaringan misalnya menggunakan firewall, teknik pertahanan mesin / host dengan deteksi berbagai perubahan di mesin, teknik pertahanan aplikasi menggunakan modul application firewall, teknik private network dan enkripsi data. Pembekalan dasar teknik forensik dan manajemen keamanan juga diberikan di akhir pelajaran. Tentunya untuk memahami berbagai teknik keamanan ini, tidak mungkin jika kita tidak mengetahui teknik serangan di jaringan. Berbagai teknik serangan, proses intelejen, penyadapan, injeksi perintah, hingga teknik "Man in the Middle" (MiTM) attack di jelaskan sebelum teknik pertahanan di berikan. Setelah mengikuti pelatihan serta lulus ujian sertifikasi ini, maka peserta akan mendapatkan pengakuan sebagai seorang administrator dan keamanan jaringan yang kompeten.

Membangun layanan streaming dengan menggunakan sistem operasi linux , mengupas protokol pendistribusian , codec video dan audio serta proses pendistribusian dari proses encoder, server dan decoder

Raspberry Pi adalah komputer mini dengan menggunakan teknologi processor ARM dapat dijadikan mini PC, Router mini, SetTopBox, "otak" Robot dan gadget lainnya.

Kelas Terapan tentang teknik Perbaikan hardware komputer dan jaringan komputer

Training online tentang Search Engine Optimization, Search Engine Marketing dan Marketing Online

Migrasi sementara dari lms.stkipsurya.ac.id/moodle untuk mata kuliah Gelombang dan Optik.