Antenna Panel 21dBi buatan Sindu cs

From OnnoCenterWiki
Jump to: navigation, search
Normal dsc 2438.jpg

Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnnya “ Bikin Antenna Panel 18Dbi” nah untuk riset kali ini kita bikin antenna yang 2,4Ghz yang 20,5Dbi dokumentasinya ada disini,.. dan karena masalah pembulatan jadi kita nyebutnya antenna flat 21dbi :) sebenernnya nggak jauh berbeda dengan yang 18 dbi,.. hannya tehnik pembuatannya saja yang agak berbeda,..

Untuk bahan dasar masih di atas papan PCB, cuma kali ini agak lebar pcb-nya 33×45cm, dan ini juga hasil contekan yah.. antenna aslinya bisa dilihat disini,… ada di paling bawah web itu yah,.. truz untuk download filemnya yang mau ikutan nyoba bikin bisa download di:



oke mari kita mulai,.. kalo anda baca artikel sebelumnya,. antenna flat 18 dbi yang kita buat itu menggunakan tehnik sablon dalam pencetakannya,.. nah kalo ini kita menggunakan cutting stiker sebagai cetakannya,..

Tahap 1, Membuat dan menempelkan cetakan,..

Normal dsc 2358.jpg
Normal dsc 2361.jpg

Pertama-tama,.. bawa file yang sudah di download di atas ke tukang cutting stiker,.. pastikan menggunakan stiker yang kualitasnnya bagus,.. setelah selesai dengan cutting stikernya,.. tempelkan pada PCB yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran,.. pasangnya stikernya hati2,.. jangan sampai melendung-melendung karena nantinya akan kita masukan di air panas,.. kalo sampe melendung-melendung nanti pecah dan PCB-nya akan bocor,.. kalo perlu belajar di tukang kaca film untuk cara pemasangan stiker ini,.. karena hasil antenna flat ini akan tergantung sekali dengan cetakan yang anda buat,…

Tahap 2, Melarutkan dengan Feroclorid

Normal dsc 2371.jpg
Normal dsc 2373.jpg

Setelah selesai dengan PCB tercetak dengan cutting stiker, masukan kedalam campuran air panas yang mendidih dan Feroclorid, lalu goyang-goyangkan wadah-nya sampai tembaga-nya terkikis dengan bersih,.. harus hati-hati salam melakukan hal ini,.. jangan sampai tangan anda kena feroclorid karena akan berbahaya bila yang memiliki alergi,.. bisa gatal-gatal dan memerah,.. sebaiknya gunakan sarung tangan karet,..

Tahap 3, Lepaskan Stikernya,..

Normal dsc 2375.jpg
Normal dsc 2378.jpg
Normal dsc 2388.jpg

Lepaskan stiker yang menempel di sisa tembaga yang tidak terkikis,.. sebenarnnya jika anda yakin bagus anda tidak harus melepaskan stikernnya,.. karena ini salah satu cara mencegah korosi pada elemen tembagannya,..

Tahap 4, Lapisi Dengan Pernis

Normal dsc 2390.jpg
Normal dsc 2391.jpg

Hal ini penting sekali anda lakukan,.. lapisi antenna flat anda dengan pernis,.. ada beberapa cara melapisinya bisa dengan pilok pernis atau bisa juga menggunakan songka (gondorukem) yang dicairkan dengan thiner seperti sarannya Deni Wibowo,. jika tahap ini anda tidak lakukan lapisan tembaga pada PCB akan terkikis oleh korosi,..

Tahap 5, Reflektor dan Connector

Normal dsc 2415.jpg
Normal dsc 2399.jpg

Potong reflektor sesuai dengan ukura antenna,.. sebaiknya anda menggunakan relflektor dari bahan alumunium,.. agar tidak mudah korosi,.. kemudian pasang N Connector Fermale,.. Connector bisa anda baut atau menggunakan mur,..

Tahap 6, Solder dan Pasang Mounting

Normal dsc 2426.jpg
Normal dsc 2436.jpg
Normal dsc 2435.jpg

Solder bagian depan antena flat ini,. hati-hati jangan terlalu panas soldernnya karena akan merusak element tembagannya jika terlalu panas,.. kemudian pasang mounting antenna,.. anda bisa membuat mounting antenna ini dengan menggunakan plat besi di tukang-tukang las,.. awas jangan sampai salah pasang mounting,.. karena dengan munting ini kita dapat memang antenna flat ini dengan polarisasi Horizontal, Vertical, bahkan Diagonal,.. jangan sekali lagi jangan sampai salah membuat dan memasang mounting ini,..

Tahap 7, Membuat Tutup

Normal dsc 2456.jpg
Normal dsc 2495.jpg
Normal dsc 2458.jpg

Untuk mebuat tutup depannya anda bisa menggunakan paralon yang besar.. belah menjadi dua bagian,.. kemudian kami panaskan dengan kompor gas hingga berberntuk lurus, rata dan bisa di bentuk,.. kemudian list pinggirnnya kami buat dengan alumunium,.. kemudian rivet,.. agar kuat,.. jangan lupa di sela-sela antena yang kemungkina dapat dimasuki air sebainya di leb menggunakan lem silicon atau lem bakar,…

Tahap 8, Tahap Testing

Normal dsc 2511.jpg
Normal dsc 2517.jpg

kalo semua sudah selesai sihlakan anda test antenna buatan anda,. untuk membuktikan kehebatannya,.. :) selamat mencoba,.. :) nanti kalo hasil test saya sudah maximal saya akan laporkan,..



Referensi

Pranala Menarik